Tinjau Pelabuhan Sibolga, Jokowi Ajak Ngobrol Para Penumpang Kapal

Jokowi juga terlihat menanyakan ruangan-ruangan yang dikunjunginya kepada dua petugas pelabuhan yang tengah berjaga.

Suara.Com
Agung Sandy Lesmana
Tinjau Pelabuhan Sibolga, Jokowi Ajak Ngobrol Para Penumpang Kapal
Usai diresmikan, Presiden Jokowi sempat meninjau Pelabuhan Sibolga,Sumut. (Suara.com/Ummmi H.S)

Suara.com - Presiden Joko Widodo meninjau langsung terminal penumpang Pelabuhan Sibolga, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara usai diresmikan pada Minggu (17/3/2019), hari ini. 

Menurut pengamatan Suara.com, Jokowi tampak meninjau tempat check-in penumpang. Jokowi juga terlihat menanyakan ruangan-ruangan yang dikunjunginya kepada dua petugas pelabuhan yang tengah berjaga.

Saat meninjau lokasi, Jokowi turut didampingi Menteri Perhubungan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Rini Soemarno, Dirut Pelindo I Bambang Eka Cahyana, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan Kepala Staf Presiden Moeldoko.

"Ini untuk apa," tanya Jokowi ke petugas. 

Petugas tersebut menjelaskan bahwa tempat tersebut merupakan tempat untuk check-in penumpang.

"Check in penumpang pak," jawab petugas.

Selanjutnya, Jokowi dan rombongan berjalan menyusuri skybrigde Terminal Penumpang Pelabuhan Sibolga sepanjang 150 meter yang menghubungkan dermaga kapal feri dengan terminal penumpang.

Jokowi juga sempat berbincang-bincang dengan penumpang kapal veri Wiraglory yang menunggu di pinggir kapal. Kepala negara juga terlihat turut menyalami puluhan penumpang tersebut. Sesuai berbincang,  Jokowi juga mendoakan para penumpang bisa selamat sampai ke tujuannya masing-masing.

"Selamat jalan ya. Terima kasih-terima kasih, " kata Jokowi usai menyalami penumpang.

Untuk diketahui, Pelabuhan Sibolga telah dilengkapi dermaga Multipurpose dengan panjang keseluruhan 153 meter yang memiliki panjang tambatan 405 meter dan mampu disandari empat kapal sekaligus atau maksimal ukuran kapal 6.000 GT.  

Untuk menunjang kualitas dan kecepatan pelayanan bongkar muat, Pelabuhan Sibolga juga didukung dengan peralatan bongkar muat berupa 1 unit Fix Crane dengan kapasitas 40 ton yang mampu meningkatkan produktivitas bongkar muat dari rata-rata 15 Box/Crane/Hour (BCH) menjadi 25 BCH untuk peti kemas dan general cargo dari 60 ton per jam menjadi rata-rata 120 ton per jam, serta 1 unit reachstaker.

Penataan terminal penumpang Pelabuhan Sibolga dengan luas keseluruhan 2.786 meter persegi mampu menampung sebanyak 500 orang, jumlah yang meningkat jika dibandingkan dengan terminal penumpang lama yang hanya mampu menampung 80 orang.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini