Ma'ruf Promosi Sertifikasi Buruh, Sandiaga Uno Tawari Rumah Siap Kerja

Setelahnya, kami akan membuat sistem sertifikasi, agar menjadi jaminan bahwa tenaga kerja Indonesia bisa bersaing dengan orang luar, katanya.

Suara.Com
Reza Gunadha | Muhammad Yasir
Ma'ruf Promosi Sertifikasi Buruh, Sandiaga Uno Tawari Rumah Siap Kerja
Cawapres nomor urut 01 K.H. Ma'ruf Amin (kedua kiri) berjabat tangan dengan Ketua KPU Arief Budiman (tengah) disaksikan Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno (kedua kanan) mengikuti Debat Capres Putaran Ketiga di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019). Debat Capres Putaran Ketiga yang menampilkan kedua Cawapres tersebut bertemakan Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan serta Sosial dan Kebudayaan. [Antara Foto/Wahyu Putro A/wsj]

Suara.com - Cawapres nomor urut 1 Maruf Amin dan dan Cawapres nomor undian 2 Sandiaga Uno saling mempromosikan programnya, yang dianggap sebagai solusi mujarab bagi pengembangkan kualitas tenaga kerja.

Hal tersebut diutarakan keduanya untuk menjawab pertanyaan sang moderator Alfito Deannova, dalam Debat Cawapres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019) malam.

”Sumber daya tenaga kerja kita di luar dan dalam negeri masih bertumpu pada keterampilan, belum pada manusianya. Revolusi 4.0 juga disebut menyebabkan dehumanisasi tenaga kerja. Bagaimana strategi kualitas sumber daya tenaga kerja yang mumpuni dan humanis?” kata Alfito Deannova.

Menjawab pertanyaan itu, Maruf Amin menuturkan bakal berkonsentrasi merevitalisasi sistem pendidikan nasional.

”Untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja dimulai dari pendidikan. Kami akan merevitalisasi SMK, politeknik, dan akademi-akademi,” kata Maruf Amin.

Ia menuturkan, juga bakal bekerja sama dengan dunia usaha supaya lulusan SMK, politeknik, dan akademi kejuruan bisa langsung terserap ke dunia industri.

”Setelahnya, kami akan membuat sistem sertifikasi, agar menjadi jaminan bahwa tenaga kerja Indonesia bisa bersaing dengan orang luar,” katanya.

Sementara Sandiaga Uno mengungkapkan, ia dan Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto telah meluncurkan program Rumah Siap Kerja.

”Rumah Siap Kerja ini ditawarkan kepada anak muda agar bisa terserap ke dunia industri. Sebab, ironis, siswa SMK sekarang ini mendominasi pengangguran. Sebanyak 61 persen dari pengangguran adalah angkatan muda. Mereka masuk SMK supaya cepat masuk kerja. Tapi justru susah cari kerja,” tuturnya.

Melalui Rumah Siap Kerja itu, kata Sandiaga, setiap anak muda diajarkan sejumlah keterampilan yang diperlukan pelaku usaha.

“Selain itu, kami juga akan memberikan insentif kepada perusahaan swasta maupun BUMN agar mau menerima kaum muda untuk magang,” katanya.

Untuk diketahui, Debat Cawapres 2019 alias Debat ketiga Pilpres 2019 ini digelar di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu malam sekitar pukul 20.00 WIB.

Dalam debat ini, Maruf Amin dan Sandiaga Uno beradu gagasan mengenai pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, dan sosial kebudayaan.

Sementara debat dipandu dua moderator yakni Alfito Deannova dan Putri Ayuningtyas.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini