Rocky Gerung Sebut Esemka Hoaks, Pakar Otomotif Beri Penjelasan Menohok

Rocky Gerung namanya naik daun karena pernyataan-pernyataannya yang kontroversial.

Suara.Com
Iwan Supriyatna
Rocky Gerung Sebut Esemka Hoaks, Pakar Otomotif Beri Penjelasan Menohok
Rocky Gerung. (Suara.com/Ali Achmad)

Suara.com - Rocky Gerung yang namanya naik daun karena pernyataan-pernyataannya yang kontroversial menyebut bahwa proyek pengerjaan mobil Esemka ciptaan anak negeri adalah proyek hoaks.

Rocky menyebut, proyek yang digaungkan kembali pada Oktober tahun lalu, hingga saat ini mobil tersebut tak kunjung terlihat bentuk atau rupanya yang dijual di pasaran.

"Dari awal Presiden telah menyatakan hoaks mengenai Esemka. Ma'ruf Amin juga mengaminkan akan ada produksi Esemka Oktober lalu," kata Rocky gerung seperti dilansir dari Mobimoto.com.

Sejumlah mobil pickup terparkir di halaman pabrik mobil Esemka di Sambi, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (22/10).  [ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho]
Sejumlah mobil pickup terparkir di halaman pabrik mobil Esemka di Sambi, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (22/10). [ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho]

Namun, jawaban lain dilontarkan pakar otomotif Ridwan Hanif. Ridwan mengatakan, untuk bisa menciptakan mobil dari nol hingga siap pakai memerlukan waktu bertahun-tahun.

"Biasanya mobil dirancang dari 0 sampai jadi memakan waktu 5-7 tahun. Tergantung dari proses riset dan pemilihan kontraktornya," ungkap Ridwan Hanif selaku pakar otomotif.

Menurut Ridwan, bisa saja membuat mobil dengan cara cepat menggunakan cara rebadge alias cuma nempel merek. Namun hal tersebut membuat calon pembeli di Indonesia berpikir dua kali.

Siswa melakukan pengecekan mesin model SUV Esemka terbaru "Rajawali R2 2014". (Antara/Akbar Nugroho Gumay)
Siswa melakukan pengecekan mesin model SUV Esemka terbaru "Rajawali R2 2014". (Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Maka dari itu, pembuatan mobil karya anak bangsa ini jika ingin dibuat dari nol hingga siap pakai, maka membutuhkan waktu yang cukup lama.

"Kita pengen beli mobil yang proven, yang sudah terbukti, brand-nya jelas, dealer-nya jelas," ujar Ridwan.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini