Tak Ada Tempat Sampah di Stasiun MRT, Gubernur Anies Ajak Warga Sadar Diri

Setiap penumpang MRT harus menanamkan kesadaran untuk menjaga kebersihan di stasiun dengan saling mengingatkan

Suara.Com
Chandra Iswinarno | Stephanus Aranditio
Tak Ada Tempat Sampah di Stasiun MRT, Gubernur Anies Ajak Warga Sadar Diri
Gubernur Anies Baswedan naik MRT dari Stasiun Blok M, Selasa (2/4/2019). [Suara.com/Stephanus Aranditio]

Suara.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta masyarakat untuk meningkatkan kesadaran diri menjaga kebersihan di kawasan Moda Raya Terpadu atau MRT karena tidak disediakan tempat sampah di dalam stasiun.

Anies menilai hal itu sebagai proses edukasi bagi masyarakat. Ia mengemukakan setiap penumpang MRT harus menanamkan kesadaran untuk menjaga kebersihan di stasiun dengan saling mengingatkan, jika masih ada yang buang sampah sembarangan.

"Itu sampahnya jangan ditinggal, dibawa. Sekaligus melatih kita semua, oleh karena itulah di stasiun MRT tidak ada tempat sampah. Kalau ada yang ngebuang, ingatkan jangan membuang sampah," kata Anies di Stasiun Blok M, Selasa (2/4/2019).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu akan berkoordinasi dengan petugas keamanan dari PT MRT Jakarta untuk lebih sering berpatroli dan menegur penumpang, jika masih membuang sampah sembarangan.

Lebih lanjut, Anies menegaskan, jika masih ada yang melakukan itu aturan denda baru ditegakkan.

"Bisa (didenda). Nanti prosesnya nanti jalan," jelasnya.

Sebelumnya, Sekretaris perusahaan PT MRT, Muhammad Kamaluddin menegaskan mulai 1 April 2019 akan disediakan tempat sampah di sekitar pintu masuk Stasiun MRT, sehingga tidak ada alasan lagi bagi orang untuk membuang sampah sembarangan.

Jika masih ditemukan hal seperti itu, orang tersebut akan diamankan oleh petugas keamanan dan didenda sebesar Rp 500 ribu.

"Kami tegaskan sekarang kalau ada yang kedapatan buang sampah sembarangan, kami langsung foto orangnya oleh pegawai keamanan kami. Kemudian foto ktp-nya disana dan ada denda Rp 500 ribu. Ini sudah keputusan bersama dengan Pemprov DKI ada perdanya," ungkap Kamal saat dihubungi, Selasa (2/4/2019).

Dalam tinjauan kali ini, Anies menjajal MRT bersama Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi dan beberapa anggota dewan lainnya.

Mereka berangkat dari DPRD DKI bersama-sama naik TransJakarta menuju Stasiun MRT Bundaran HI, lalu naik MRT sampai Blok M dan mengakhiri perjalanan di Stasiun Dukuh Atas.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini