Terima Puluhan Dubes Negara Kawasan Asia Pasifik, Ini Harapan Anies

"Jadi tujuan dari pertemuan diplomatik tadi adalah bertemu dengan para duta besar, menjalin hubungan sekaligus juga membuka potensi kerja sama."

Suara.Com
Dwi Bowo Raharjo | Stephanus Aranditio
Terima Puluhan Dubes Negara Kawasan Asia Pasifik, Ini Harapan Anies
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima puluhan duta besar negara-negara kawasan Asia Pasifik untuk Indonesia dalam acara Diplomatic Corps Gathering 2019. (Suara.com/Tyo)

Suara.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima puluhan duta besar negara-negara kawasan Asia Pasifik untuk Indonesia dalam acara Diplomatic Corps Gathering 2019. Pertemuan yang berlangsung di Balai Kota DKI itu membahas hubungan diplomatik antara Jakarta sebagai Ibu Kota Indonesia dengan negara di Asia Pasifik.

Anies mengatakan, Pemprov DKI Jakarta siap memfasilitasi hubungan diplomatik Indoensia dengan berbagai negara yang menempatkan perwakilannya melalui kantor-kantor Kedutaan Besar di Ibu Kota.

"Jadi DKI Jakarta adalah ibu kota, tuan rumah 162 kedutaan yang ada di Jakarta. Nah kita tidak ingin Jakarta hanya ibu kota Indonesia yang memfasilitasi daerah saja. Tapi juga memfasilitasi corps diplomatic. Karena itu, mulai tahun lalu, saya mengundang para duta besar untuk bertemu setahun sekali di Balai Kota ini," kata Anies seusai pertemuan di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (9/4/2019).

Selain memfasilitasi hubungan dengan pemerintah pusat, Anies berharap pertemuan ini dapat menjalin kerja sama, contohnya saling mengirim Sumber Daya Manusianya untuk saling belajar dengan negara lain terkait kebijakan pemerintahan.

"Jadi tujuan dari pertemuan diplomatik tadi adalah bertemu dengan para duta besar, menjalin hubungan sekaligus juga membuka potensi kerja sama. Karena tadi juga banyak dibicarakan banyak hal yang bisa kita kerja samakan antara Indonesia dengan negara-negara di kawasan Asia Pasifik," ungkap Anies.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan foto bersama dengan puluhan duta besar negara-negara kawasan Asia Pasifik untuk Indonesia dalam acara Diplomatic Corps Gathering 2019. (Suara.com/Tyo)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan foto bersama dengan puluhan duta besar negara-negara kawasan Asia Pasifik untuk Indonesia dalam acara Diplomatic Corps Gathering 2019. (Suara.com/Tyo)

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mencontohkan kerja sama yang sudah dijalani dengan negara kawasan Asia Pasific diantaranya dengan Singapura dan Hong Kong terkait pelatihan pemadam kebakaran.

"Jadi mereka menceritakan kebutuhan-kebutuhan yang mereka miliki di Jakarta. Dan kita harus memastikan bahwa sebagai ibu kota, semua kedutaan-semua diplomat terlayani dengan baik." tutup Anies.

Turut hadir dalam acara ini Wakil Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, A.M. Fachir.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini