Cek Fakta

CEK FAKTA: Saf Salat Pria - Wanita Campur di Kampanye Prabowo Hoaks?

"Inilah yang sebenarnya terjadi di GBK. Cebong selalu membuat fitnah untuk menjelek-jelekkan tim # 02 .

Suara.Com
Reza Gunadha
CEK FAKTA: Saf Salat Pria - Wanita Campur di Kampanye Prabowo Hoaks?
[Facebook]

Suara.com - Foto perempuan dan lelaki dalam saf salat saat kampanye akbar Capres dan Cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto – Sandiaga Uno di Stadion Gelora Bung Karno, akhir pekan lalu, ternyata masih menjadi perdebatan.

Oleh sebagian warganet, potret itu dianggap hoaks untuk memojokkan capres dan cawapres yang dimaksud.

Klaim yang diperiksa:

Sejumlah akun di Facebook mengklaim foto saf salat yang bercampur tersebut adalah hasil penyuntingan untuk menyudutkan Prabowo – Sandiaga Uno.

Salah satu akun yang mengunggah hal tersebut bernama Ismail Abdul Zaman. Ia mengunggah dua foto. Satu potret menggambarkan saf lelaki dan perempuan yang bercampur saat salat pada acara kampanye akbar Prabowo – Sandiaga.

Sementara satu foto lainnya menampakan jemaah perempuan yang ada dalam foto pertama sejatinya berada di saf tersendiri, tak bercampur dengan laki-laki.

“Akan ada tahun penuh dengan tipu daya. Fitnah Dajjal di akhir zaman,” tulis akun tersebut sebagai keterangan foto.

Sementara akun lain juga mengunggah dua foto serupa, dengan narasi: Kelompok Cebong jika mereka tidak memfitnah, mereka tidak akan mendapatkan apa-apa untuk dimakan. Jangan percaya ini bohong. Inilah yang sebenarnya terjadi di GBK. Cebong selalu membuat fitnah untuk menjelek-jelekkan tim # 02 ”.

[Facebook]
[Facebook]

Fakta:

Pencarian kata kunci di Facebook menemukan bahwa foto saf bercampur tersebut terjadi pada tanggal 7 April 2019, yakni saat kampanye akbar Prabowo – Sandiaga di SUGBK. Acara itu memang diawali oleh salat Subuh berjemaah.

Foto itu adalah milik dan dipublikasikan oleh laman daring Detik.com. Laman tersebut memberikan narasi keterangan foto sebagai berikut:

“Pendukung kandidat presiden-wakil presiden Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno mengadakan salat Subuh berjemaah di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (7/4/2019).”

Dicky Sastra, Editor Detik.com kepada AFP mengatakan, foto jemaah perempuan yang berada di sisi lelaki pada foto mereka disunting dan digandakan oleh warganet agar tampak membentuk saf khusus wanita.

Detik mengirimkan AFP foto-foto asli dan tiga lainnya memperlihatkan adegan yang sama. Gambar di bawah ini menunjukkan saf bercampur itu:

[Detik via AFP]
[Detik via AFP]

Kesimpulan:

Foto bahwa perempuan memunyai saf khusus saat salat berjemaah dalam kampanye akbar Prabowo – Sandiaga adalah hasil suntingan.

Akun-akun tersebut menyunting dan menggandakan sejumlah perempuan objek dalam foto asli agar bertambah banyak sehingga tampak ada saf khusus perempuan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini