KPU Tak Terima Dituding Tak Serius Urus Surat Suara Tercoblos di Malaysia

Arief Budiman menegaskan bahwa pihaknya sangat serius dalam menyelesaikan permasalahan surat suara yang tercoblos di Malaysia.

Suara.Com
Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
KPU Tak Terima Dituding Tak Serius Urus Surat Suara Tercoblos di Malaysia
Ketua KPU Arief Budiman. (Suara.com/Achmad Fauzi)

Suara.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum RI (KPU) Arief Budiman menegaskan bahwa pihaknya sangat serius dalam menyelesaikan permasalahan surat suara yang tercoblos di Malaysia. Bahkan, kata Arief, KPU langsung mengirimkan tim untuk mencari tahu kebenaran kabar tersebut.

Pernyataan yang dilontarkan Arief tersebut untuk merespon kabar yang menyebut bahwa KPU tak serius menangani persoalan surat suara yang tercoblos di Malaysia.

"Jadi berita itu tak terkendali di mana-mana seolah-olah KPU tak serius menangani ini. KPU serius menangani ini itu ditunjukan dengan bagaimana kita menindaklanjuti," kata Arief saat ditemui di lokasi Debat Capres-Cawapres, Hotel Sultan Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu (13/4/2019).

"Saya berharap ini tak bergulir liar, kemudian ditafsir macam-macam. Karena di beberapa tempat sudah dimunculkan, saya tak mengatakan itu hoaks ya, tapi gambar-gambar pelintir itu seolah-olah KPU tak menindaklanjuti serius. Ini serius bagi kami. Itu ditunjukan dengan sikap dan tindakan yang diambil KPU," Arief menambahkan.

Kendati demikian, Arief belum memutuskan langkah apa yang akan ditempuh KPU untuk menyelesaikan persoalan ini. Karena, pihaknya belum mendapatkan laporan dari anggota komisioner yang berkunjung ke Malaysia.

Apalagi, tambah dia, hari ini juga berbarengan dengan debat pamungkas Capres-Cawapres, sehingga KPU terlebih dahulu memastikan debat tersebut berjalan aman dan lancar.

"Segera, kami kan juga harus pastikan debat berjalan aman lancar, kalau ini bisa kita tinggal, bisa jalan lancar, kami segera lakukan rapat hasil pengecekan di Kuala Lumpur," ucap dia.

Sebelumnya, ditemukan surat suara yang kabarnya sudah dicoblos di Selangor, Malaysia. Yang dicoblos adalah pasangan capres dan cawapres nomor urut 01 dan calon anggota DPR RI Davin Kirana dan Ahmad dari Partai Nasdem.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini