Jokowi Dijamu Putera Mahkota Arab Saudi, Berjanji Bertemu Setahun Sekali

Putera Mahkota Arab Saudi mengatakan Indonesia beruntung memiliki pemimpin yang jelas dan maju.

Suara.Com
Liberty Jemadu
Jokowi Dijamu Putera Mahkota Arab Saudi, Berjanji Bertemu Setahun Sekali
Putra mahkota Arab Saudi, Mohammad bin Salman. (BANDAR AL-JALOUD / AFP / SAUDI ROYAL PALACE)

Suara.com - Pemerintah Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi sepakat untuk membentuk mekanisme konsultasi tingkat pemimpin dan melakukan pertemuan setahun sekali, demikian salah satu hasil pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Putra Mahkota Arab Saudi Muhammad bin Salman di Istana Putra Mahkota Riyadh, Minggu (14/4/2019).

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi yang turut mendampingi Presiden dalam pertemuan bilateral tersebut mengatakan bahwa Indonesia-Arab Saudi sepakat untuk membentuk mekanisme konsultasi tingkat pemimpin dan melakukan pertemuan setahun sekali.

“Indonesia - Saudi juga sepakat segera melakukan pertemuan untuk membahas investasi dan kerja sama ekonomi lain,” kata Retno sebagaimana disampaikan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin di Jakarta, Senin (15/4/2019).

Arab Saudi misalnya tertarik melakukan kerja sama di bidang energi dan petrokimia dengan Indonesia sebagaimana disampaikan kembali oleh Putra Mahkota.

Presiden Jokowi juga menyampaikan bahwa Indonesia ingin menjadi bagian dari pelaksanaan Visi 2030 Arab Saudi. Visi 2030 sendiri digagas oleh Pangeran Mohammad untuk mengembangkan perekonomian berbagai sektor, agar Saudi lepas dari ketergantungannya pada minyak Bumi.

Pangeran Muhammad dalam pertemuan yang dilanjutkan dengan jamuan malam malam itu juga menyebut Presiden Jokowi sebagai pemimpin yang maju.

"Putra Mahkota menghargai stabilitas politik dan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang baik. Indonesia dinilai beruntung memiliki pemimpin yang jelas dan maju,” kata Retno.

Dalam pertemuan tersebut, Putra Mahkota menyampaikan lagi keputusan penambahan kembali kuota haji sebanyak 10.000 orang bagi Indonesia.

Turut mendampingi Presiden dalam pertemuan bilateral tersebut, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel. [Antara]

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini