Katedral Notre Dame di Paris Terbakar

Puncak menara Gereja Katedral Notre Dame, salah satu ikon kota Paris, hangus terbakar dan tumbang.

Suara.Com
Liberty Jemadu
Katedral Notre Dame di Paris Terbakar
Api berkobar dan asap mengepul dari Gereja Katedral Notre Dame di Paris yang terbakar pada Senin (15/4/2019). [AFP/Fabien Barrau]

Suara.com - Gereja Katedral Notre Dame di Paris terbakar pada Senin malam (15/4/2019) waktu setempat. Api yang melalap salah satu ikon Ibu Kota Prancis itu tak saja mengejutkan Eropa tetapi juga dunia.

Meski demikian, seperti diwartakan Reuters, pemadam kebakaran mengatakan mereka berhasil menyelamatkan struktur bangunan untuk mencegah gereja bersejarah itu runtuh.

Api mulai membakar bangunan yang dibangun pada 1160 sejak Senin petang. Sebagian besar bagian dari gereja tersebut terbakar. Menara-menaranya hangus dan tumbang. Atap gereja tersebut juga runtuh.

Sejak petang pula para petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api dan berusaha agar salah satu menara lonceng gereja tak runtuh.

"Kami yakin bahwa satu dari dua menara Notre Dame sudah aman. Kami yakin struktur utama Notre Dame sudah aman dan berhasil diselamatkan," kata Jean-Claude Gallet, kepala pasukan pemadam kebakaran Paris.

Meski demikian, lanjut Gallet, gereja tua tersebut masih berisiko runtuh dan petugas pemadam kebakaran masih akan terus berusaha mendinginkan struktur bangunan Notre Dame.

Sementar itu para turis dan warga lokal berkumpul di sekitar Notre Dame. Mereka terkejut menyaksikan kebakaran yang melanda salah satu bangunan paling bersejarah yang terletak di pusat kota Paris itu.

Beberapa warga lokal juga berkumpul sambil bernyanyi Ave Maria saat menyaksikan gereja katedral itu ditelan api. Notre Dame sendiri berarti Bunda Kami, yang mengacu pada Maria Ibu Yesus - salah satu figur paling dihormati dalam tradisi Gereja Katolik.

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini