Amien Rais Minta Masyarakat Foto Lembar C1 untuk Hindari Kecurangan

Amien Rais berharap pemilu kali ini akan berjalan dengan aman dan transparan.

Suara.Com
Pebriansyah Ariefana
Amien Rais Minta Masyarakat Foto Lembar C1 untuk Hindari Kecurangan
Amien Rais. (Suara.com/Sri Handayani)

Suara.com - Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional atau PAN Amien Rais meminta masyarakat memotret lembar C1 di TPS setelah perhitungan Suara. Sebab ini untuk menghindari kecurangan dalam penghitungan suara.

Hal itu dikatakan Amien Rais usai menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 123, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta.

"Imbauan saya untuk semua saja anak bangsa itu, begitu selesai nanti, C1 itu diamankan lewat HP kita," kata Amien di lokasi TPS, Rabu (17/04/2019).

Menurut Amien Rais, hal itu perlu dilakukan untuk mengantisipasi apabila terjadi perbedaan hasil penghitungan suara di TPS dan di tingkatan lainnya. Jika terjadi perbedaan, bukti lembar C1 tadi dapat dijadikan bukti untuk pengecekan kembali.

"Karena hulunya kan TPS. Hilir paling akhir KPU nasional nanti. Jadi kalau hulunya aman, ya sudah. Perhitungan kecamatan berdasarkan pengumpulan suara di kecamatan dan desa. Kabupaten/kota berdasarkan kumpulan di kecamatan. Provinsi kemudian kabupaten dan kota, nasional kumpulan dari semua provinsi," kata dia.

Amien Rais berharap pemilu kali ini akan berjalan dengan aman dan transparan. Ia berdoa agar tidak terjadi kekurangan atau perbedaan dalam penghitungan suara.

Amien datang sekitar pukul 07.45 WIB. Di TPS yang sama, hadir pula dua putrinya, yaitu Hanum Rais dan Tasnim Rais bersama suami masing-masing.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini