5 Kisah Perjuangan Nyoblos Warga, Banjir di TPS hingga Sewa Angkot

Mereka pantang golput meski perjalanan ke TPS tak mulus.

Suara.Com
Rendy Adrikni Sadikin | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
5 Kisah Perjuangan Nyoblos Warga, Banjir di TPS hingga Sewa Angkot
Simulasi pencoblosan pemilu 2019 di Taman Suropati, Jakarta Pusat (Suara.com/Adit Rianto)

Suara.com - Hari yang telah ditunggu-tunggu jutaan warga negara Indonesia, Rabu (17/4/2019), telah tiba. Partisipasi mereka dalam pesta demokrasi akhirnya terealisasi.

Di hari ini, pemungutan suara Pemilu 2019 digelar. Potret tempat pemungutan suara (TPS) dan jari berbekas celupan tinta pun berhamburan di media sosial.

Namun, ternyata tak semua pemilih memiliki nasib yang sama. Ada yang harus melakukan perjuangan tak seperti yang lain sebelum menggunakan hak suara mereka.

Berikut 5 di antaranya:

1. TPS banjir

Meski TPS tergenang banjir, semangat warga untuk memberikan suaranya di Pemilu 2019 tak lantas menyurut. Salah satunya terjadi di Kelurahan Sukamanah, Kecamatan Rancaekaek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Seorang pengguna akun Twitter @DenCybr mengunggah fotonya. Tampak genangan air di bawah bilik suara dalam foto itu.

2. Pulang kampung

Beberapa perantau bahkan rela pulang kampung meski hanya sebentar, demi mencoblos. Pengguna akun Twitter @Ditajeng96 mengaku, tak kebagian tempat duduk di bus, sehingga harus berdiri sepanjang perjalanan dari Surabaya ke Madiun.

Selain itu, @mbitasudjarwo menceritakan, saudaranya bahkan berjuang menembus kemacetan Jakarta dan langsung pulang di malam harinya agar bisa nyoblos tapi tetap masuk ekrja keesokan harinya.

3. Dituntun ke TPS

Meski sudah sulit berjalan, sejumlah warga lansia dilaporkan tetap datang ke TPS. Mereka datang sambil dituntun cucu atau anaknya, seperti yang dikabarkan pengguna akun Twitter @cahyaamaliyah.

4. Menyewa angkot

Pengguna akun Twitter @yandra_ndo bahkan harus menyewa angkot demi menuju TPS yang jauh. Menurut keterangannya, jarak yang ia tempuh bersama teman-temannya dari kampus ke TPS memakan waktu 2 jam.

5. Pakai kursi roda

Raga yang tak sepenuhnya sehat tak menjadi alasan bagi seorang pengguna kursi roda untuk tidak nyoblos. Hal itu salah satunya terlihat dari foto yang diunggah @koche10.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini