Prabowo: Kita yang Menang

Berdasar hasil exit poll BPN.

Suara.Com
Pebriansyah Ariefana | Pebriansyah Ariefana
Prabowo: Kita yang Menang
Capres Prabowo Subianto menggelar jumpa pers di kediamannya Jalan Kertanegara 4 Jakarta Selatan, usai bertemu dengan petinggi partai dari Koalisi Indonesia Adil dan Makmur, Selasa (16/4/2019). [Suara.com/Stephanus Aranditio]

Suara.com - Calon Presiden Prabowo Subianto yakin menang setelah berbagai survei menunjukan Jokowi - Maruf Amin unggul di kisaran persentase 55 persen. Prabowo yakin menang berdasar hasil exit poll yang dilakukan Badan Pemenangan Nasional atau BPN Prabowo - Sandiaga.

Hal itu dikatakan Prabowo dalam pidato pertamanya pasca pencoblosan, Rabu (17/4/2019) sore. Prabowo mengatakan dia unggul 52,2 persen dalam hasil hasil exit poll BPN.

"Hasil exit poll kia di 5.000 TPS menunjukkan kita yang menang 52,2 persen," kata Prabwo.

Sebelumnya,

Direktur Kampanye BPN Prabowo - Sandiaga, Sugiono engatakan berdasarkan hasil exit poll, Prabowo - Sandiaga unggul 55,4 persen atas Jokowi – Maruf Amin.

Sugiono memaparkan, pihaknya melakukan exit poll sejak TPS-TPS dibuka. Exit poll ialah survei yang dilakukan segera setelah pemilih meninggalkan TPS.

"Pasangan Prabowo - Sandiaga mengungguli pasangan Jokowi Maruf-Amin," kata Sugiono saat menggelar konferensi pers di depan kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Rabu (17/4/2019).

Sugiono menerangkan, exit poll tersebut dilakukan oleh pihaknya di 5.475 TPS yang tersebar di 34 Provinsi dan 492 Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

Meskipun sudah menemukan keunggulan Prabowo - Sandiaga, pihaknya juga masih melaksanakan perhitungan suara cepat.

"Angkanya kami ada di 55,4 persen. Sedangkan 01 dapat 42,8 persen suara dan sisanya tak memberikan jawaban,” kata dia.

"Pada saat ini juga kita sedang melaksanakan perhitungan baik real count maupun quick count. Jadi nanti hasil akhirnya juga kita akan sampaikan kepada rekan-rekan sekalian.”

Sebelumnya, sebanyak 6 lembaga survei yang melakukan hitung cepat perolehan suara Pilpres 2019 menunjukkan Jokowi - Maruf Amin sementara unggul atas Prabowo Subianto - Sandiaga Uno.

Quick count Litbang Kompas misalnya, menunjukkan Jokowi - Maruf Amin sementara meraup 55,37 persen suara.

Sementara Prabowo - Sandiaga baru meraup 44,63 persen suara. Kekinian, sampel suara yang masuk ke Litbang Kompas mencapai 38 persen suara.

Hasil hitung cepat lembaga survei Indo Barometer menunjukkan, 54,22 persen dari 49,03 persen suara yang masuk adalah pemilih Jokowi - Maruf Amin.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini