Data Sementara Kawal Pemilu, Prabowo - Sandi Unggul di 14 Provinsi Ini

Tabulasi data di situs Kawal Pemilu berdasarkan unggahan foto dokumen C1 Plano.

Suara.Com
Arsito Hidayatullah
Data Sementara Kawal Pemilu, Prabowo - Sandi Unggul di 14 Provinsi Ini
Hasil tabulasi data sementara Pilpres 2019 di situs Kawal Pemilu. [KawalPemilu / Screenshot]

Suara.com - Hasil sementara tabulasi real count surat suara Pilpres 2019 yang dihimpun Kawal Pemilu dan tayang di situs KawalPemilu.org, menunjukkan pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto - Sandiaga Uno mampu meraup suara lebih banyak di setidaknya 14 provinsi.

Meski demikian, berdasarkan tabel sementara yang bersumber dari pengumpulan foto dokumen C1 plano (hasil penghitungan di TPS) tersebut, secara total Joko Widodo - Maruf Amin tercatat masih lebih unggul atas Prabowo - Sandi.

Dalam tabel itu, sebagaimana data yang dicatat pada Rabu (17/4/2019) hingga pukul 17.32 WIB, Jokowi-Maruf tercatat total meraih 282.985 suara, sementara Prabowo-Sandi mendapatkan 202.763 suara (485.748 suara sah), dengan persentase TPS yang didapat datanya baru 1,37%. Pasangan nomor urut 02 tercatat unggul di 14 provinsi, sementara Jokowi-Maruf memimpin di 20 provinsi.

Kampanye Jokowi - Maruf Amin di GBK. (Suara.com/Arif)
Kampanye Jokowi - Maruf Amin di GBK. (Suara.com/Arif)

Keunggulan Prabowo - Sandi sejauh ini tercatat antara lain di Aceh, Sumbar, Riau, Jambi, Sumsel, Bengkulu, Jabar, Kalsel, dan Kaltim. Prabowo juga tercatat unggul di Sulteng, Sulsel, Sultra, Gorontalo, serta Maluku Utara. Sementara provinsi-provinsi lainnya mencatatkan kemenangan bagi pasangan Jokowi-Maruf.

Diketahui, Kawal Pemilu adalah inisiatif berbasis crowdsource untuk menampilkan data pembanding bagi hasil penghitungan KPU, dengan menggunakan sumber dokumen resmi yakni form C1 Plano. Ini adalah lembar hasil penghitungan suara yang telah ditandatangani KPPS dan ditempel di TPS. Pengumpulan data dilakukan oleh relawan yang saat ini jumlahnya ribuan, yang memotret dan mengunggah foto dokumen C1 tersebut ke web Kawal Pemilu.

Sejak mulai menjalankan aktivitasnya di Pemilu 2014 lalu, kawal pemilu langsung menarik perhatian publik. Hingga bahkan, pada proses sosialisasi dan perekrutan relawan untuk Pemilu 2019 ini, Kawal Pemilu dibantu oleh banyak figur publik, termasuk beberapa selebriti.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini