Data Dokumen C1 Kawal Pemilu Bertambah, Prabowo-Sandi Unggul di 16 Provinsi

Unggahan foto dokumen C1 Plano dihimpun di situs Kawal Pemilu untuk menghitung suara Jokowi-Maruf dan Prabowo-Sandi.

Suara.Com
Arsito Hidayatullah
Data Dokumen C1 Kawal Pemilu Bertambah, Prabowo-Sandi Unggul di 16 Provinsi
Hasil tabulasi data sementara Pilpres 2019 di situs Kawal Pemilu. [KawalPemilu / Screenshot]

Suara.com - Hasil penghitungan sementara dokumen C1 Pilpres 2019 yang dihimpun Kawal Pemilu, hingga Rabu (17/4) malam, mencatatkan pasangan Prabowo Subianto - Sandiaga Uno unggul di setidaknya 16 provinsi. Data tabulasi real count surat suara yang bersumber dari foto form C1 di TPS-TPS itu tayang di situs KawaPemilu.org.

Berdasarkan tabel data sementara hingga pukul 22.41 WIB, total jumlah suara pasangan Joko Widodo - Maruf Amin tercatat masih lebih unggul daripada Prabowo - Sandi. Dari data yang dikumpulkan oeh relawan Kawal Pemilu itu, suara untuk Jokowi-Maruf tercatat berjumlah 797.718, sedangkan Prabowo-Sandi mengumpulkan 612.514 suara.

Adapun jumlah suara sah yang dicatat dalam tabulasi data --yang masih terus bertambah dan berubah angkanya-- tersebut sejauh ini adalah 1.410.232, dengan persentase TPS yang didapat datanya baru mencapai 2,44% (dari total jumlah TPS se-Indonesia).

Capres nomor urut 01 Prabowo Subianto saat memberikan keterangan pers di rumah Kertanegara, Jakarta, Rabu (17/4). [Suara.com/Arief Hermawan P]
Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto saat memberikan keterangan pers di rumah Kertanegara, Jakarta, Rabu (17/4). [Suara.com/Arief Hermawan P]

Data Kawal Pemilu itu juga menunjukkan bahwa sejauh ini Prabowo-Sandi unggul di setidaknya 16 provinsi. Masing-masing adalah di Aceh, Sumbar, Riau, Jambi, Sumsel, Bengkulu, Jabar, serta NTB. Juga ada Kalsel, Kaltim, Sulteng, Sulsel, Sultra, Gorontalo, Maluku Utara dan Papua Barat.

Sementara sebaliknya, pasangan Jokowi-Maruf sejauh ini tercatat unggul di 18 provinsi, antara lain mulai dari Sumut, Lampung, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Banten, DKI Jakarta, Jateng, DI Yogyakarta, hingga Jatim. Mereka juga unggul di Bali, NTT, Kalbar, Kalteng, Sulut, Sulbar, Maluku, Papua dan Kalimantan Utara.

Sebagaimana diketahui, Kawal Pemilu merupakan inisiatif penghitungan hasil pemilu berbasis crowdsource yang mulai aktif sejak Pemilu 2014 lalu. Cara kerjanya adalah dengan menampilkan data pembanding terhadap hasil penghitungan KPU, dengan menggunakan sumber dokumen resmi yakni form C1 Plano.

Hasil tabulasi data sementara Pilpres 2019 khusus daerah Jawa Barat di situs Kawal Pemilu. [KawalPemilu / Screenshot]
Hasil tabulasi data sementara Pilpres 2019 khusus daerah Jawa Barat di situs Kawal Pemilu. [KawalPemilu / Screenshot]

Form atau dokumen C1 sendiri adalah lembar hasil penghitungan suara yang telah ditandatangani KPPS dan ditempel di setiap TPS. Form tersebut difoto oleh para relawan yang saat ini disebutkan berjumlah ribuan, dan diunggah ke web Kawal Pemilu sembari dicek keaslian dan dihitung jumlahnya.

Pada Rabu (17/4) sore, seperti diberitakan sebelumnya, dengan jumlah data yang baru mencapai 485.748 suara sah dari sebanyak 1,37% TPS, Jokowi-Maruf juga sudah tercatat unggul atas Prabowo - Sandi, dengan perbandingan 282.985 dan 202.763 suara. Prabowo-Sandi saat itu tercatat unggul di 14 provinsi, sementara Jokowi-Maruf memimpin di 20 provinsi.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini