Masjid Istiqlal Siapkan Parkir untuk Umat Katolik Katedral Selama Paskah

Abu mengatakan setidaknya ada 200 mobil umat Katolik yang bisa ditampung di halaman parkir Masjid Istiqlal.

Suara.Com
Dwi Bowo Raharjo | Stephanus Aranditio
Masjid Istiqlal Siapkan Parkir untuk Umat Katolik Katedral Selama Paskah
Masjid Istiqlal [suara.com/Tri Setyo)

Suara.com - Pengelola Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat menyiapkan lahan parkir untuk umat Katolik yang akan merayakan Hari Raya Paskah di Gereja Katedral yang letaknya berseberangan dengan Masjid Istiqlal. Pengurus Masjid juga akan menempatkan petugas untuk mengatur parkir umat Katolik.

Humas Masjid Istiqlal Abu Hurairah mengatakan, setidaknya ada 200 mobil umat Katolik yang bisa ditampung di halaman parkir Masjid Istiqlal selama empat hari perayaan Paskah.

"Kita untuk parkir itu sekitar 200-an kendaran mobil motor. Satu jam sebelum subuh sudah buka semua parkirannya," kata Abu Huarairah saat dihubungi, Kamis (18/4/2019).

Lahan parkir itu disiapkan selama empat hari bagi umat Katolik untuk beribadah Tri Hari Suci mulai dari Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci, dan Minggu Paskah.

Pengelola Masjid Istiqlal juga mengerahkan sekitar 15 hingga 20 petugas untuk membantu mengatur parkir di halaman parkir.

"15-an orang (petugas) lah karena lahannya luas juga," jelasnya.

Abu menerangkan, budaya saling membantu ini sudah dijaga oleh Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral demi menjaga kerukunan antar umat beragama.

"Sama persis kaya tahun - tahun lalu. Untuk acara yang acara di katedral itu ada suratnya ke kita ada izinnya. Sudah diterima," ungkapnya.

Untuk diketahui Gereja Katolik di seluruh dunia memasuki Tri Hari Suci mulai Kamis (18/4/2019) hari ini. Dalam Liturgi Gereja Katolik, Tri Hari Suci yang dimaksud adalah Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci (Vigili Paskah), dan Minggu Paskah.

Tri Hari Suci dimulai dengan Ekaristi petang pada Kamis Putih dan memuncak pada perayaan Malam Paskah, dan berakhir pada Ibadat Sore Minggu Paskah.

Selama tiga hari suci ini, Gereja merayakan misteri terbesar karya penebusan, yakni sengsara, wafat, dan kebangkitan Yesus Kristus.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini