Hitung Surat Suara Seperti Paduan Suara, Bikin Petugas dan Saksi Terhibur

Suasana penghitungan suara pun menjadi mengasyikkan dan tidak melelahkan

Suara.Com
Rendy Adrikni Sadikin | Chyntia Sami Bhayangkara
Hitung Surat Suara Seperti Paduan Suara, Bikin Petugas dan Saksi Terhibur
Penghitungan suara di TPS di kawasan Menteng, Jakpus. (suara.com/muhammad yasir)

Suara.com - Menghitung surat suara Pemilu 2019 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) bisa menjadi momen yang begitu melelahkan bagi para petugas maupun saksi. Namun, aksi para petugas di salah satu TPS dalam menghitung surat suara ini justru menghibur dan membuat mereka tak merasakan lelah.

Beredar sebuah video di salah satu TPS yang menunjukkan momen saat menghitung suara, salah satunya diunggah oleh akun Twitter @ambarwatirexy. Cara penghitungan surat suara di TPS ini pun disebut sebagai cara yang cukup unik dan menghibur.

"Ini ngitung coblosan gokil amat sik..??!!" tulis akun itu seperti dikutip Suara.com, Kamis (18/4/2019),

Dalam video itu tampak 4 orang petugas TPS mengenakan batik. Ada satu orang yang betugas membuka lipatan surat suara, membaca surat suara, menulis isi surat suara, hingga melipat kembali surat suara itu.

Petugas yang membaca isi surat suara capres dan cawapres punya cara unik dalam membaca isi surat suara. Bila biasanya petugas hanya menyebut nomor urut capres atau nama capresnya saja, petugas ini menyebut nama capres dengan menggunakan nada.

Saat surat suara berisi pilihan untuk capres nomor urut 01 Jokowi-Maruf, petugas ini pun menyebut Jokowi dengan alunan nada yang dibalas oleh para saksi dengan alunan nada pula.

"Joookowiii," kata si petugas.

"Aaamiiiiiin," jawab para saksi yang ada di TPS secara kompak.

Saat tiba surat suara berisi pilihan untuk capres nomor urut 02 Prabowo-Sandi, sang petugas pun melantunkan nada menyebut nama Prabowo.

"Prabowoooo," kata si petugas. Para saksi pun membalasnya dengan menggunakan nada pula "Uuuuuunoo".

Aksi penghitungan suara pun menjadi begitu menyegarkan. Bahkan saat si petugas mengaku haus dengan alunan nada, para saksi juga membalasnya. "Hauuuuus," ungkap si petugas. Keluhan dari si petugas dijawab oleh para saksi dengan kompak "Saamaaaaa," teriak para saksi.

Aksi penghitungan suara yang cukup menghibur ini pun mendapatkan banyak apresiasi dari warganet. Banyak warganet yang salut dengan kreativitas para petugas hingga menciptakan momen penghitungan suara yang mengasyikkan dan tidak melelahkan.

"Gokil abis dan cukup menghibur," kata @1nungw1dd69.

"Konser Queen dengan sentuhan lokal," ujar @jodi_anjasmara.

"Coba kalau sebelum 17 April suasananya kayak gini, tiap tahun nyoblos pun saya rela," ungkap @aantusmana1.

"Kok bisa pas gitu ya. Jokowi... Amin. Prabowo...uuuunoo," tutur @abiarsaumar.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini