Egy Maulana Vikri Nyoblos di Polandia, Jokowi - Ma'ruf Unggul dari Prabowo

Proses penghitungannya diadakan di Kedutaan Besar RepubIik Indonesia (KBRI) Warsawa.

Suara.Com
Dwi Bowo Raharjo
Egy Maulana Vikri Nyoblos di Polandia, Jokowi - Ma'ruf Unggul dari Prabowo
Calon Presiden 01 Joko Widodo dan Calon Wakil Presiden 01 Maruf Amin bersama Ketua Umum Partai Koalisi Indonesia Kerja memberi keterangan perhitungan cepat pemilu 2019 di Jakarta, Rabu (17/4). [Suara.com/Muhaimin A Untung]

Suara.com - Hasil penghitungan suara Pilpres 2019 di Polandia menunjukan Capres dan Cawapres nomor urut 01 Jokowi - Maruf Amin unggul dari rivalnya, pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno. Pasangan Jokowi - Ma'ruf memperoleh 226 suara atau 65,13 persen, sedangkan Prabowo - Sandiaga 121 suara atau 34,87 persen.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Polandia, Siti Nugraha Mauludiah mengatakan, proses penghitungannya diadakan di Kedutaan Besar RepubIik Indonesia (KBRI) Warsawa.

"Dalam penghitungan tersebut dihadiri saksi peserta Pemilu dan masyarakat Indonesia di Polandia, serta disiarkan langsung di akun Facebook Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Warsawa," ujar Siti seperti diberitakan Antara, Kamis (18/4/2019).

Siti menerangkan, untuk hasil penghitungan suara Pileg, yang masuk lima besar adalah, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) memperoleh 83 suara (27,67 persen), PDI Perjuangan 77 suara (25,67 persen) dan PKS 52 suara (I7,33 persen), Partai Gerindra 29 suara, dan Partai GoIkar 14 suara (4,67 persen)

Enam calon anggota DPR RI dengan perolehan suara terbanyak adalah Tsaimara Asmany (PSI) 48 suara, Hidayat Nur Wahid (PKS) 37 suara dan Iwan HSW (PSI) 10 suara, Biem Triani Benjamin (Partai Gerindra) 10 suara, Erika Sotarduga (PDIP) dan Nuraini (PDIP) masing-masing sembilan suara

Untuk diketahui, Pemilu 2019 di di Warsawa, Polandia diadakan pada Sabtu 13 April lalu. 356 orang WNI menggunakan hak pilihnya untuk Pilpres dan 334 orang WNI untuk Pileg, baik dengan datang ke TPS maupun dengan menggunakan metode pos.

Egy Maulana Vikri usai mengikuti latihan latihan timnas Indonesia U-23 di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Kamis (13/3/2019).(Suara.com/Adie Prasetyo)
Egy Maulana Vikri usai mengikuti latihan latihan timnas Indonesia U-23 di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Kamis (13/3/2019).(Suara.com/Adie Prasetyo)

Salah satu WNI yang ikut memberikan suaranya adalah bintang muda Timnas sepak bola Indonesia U-19 Egy Maulana Vikri.

Egy yang juga pemain pemain Lechia Gdansk itu menggunakan hak suaranya di Pemilu 2019 di Polandia. Pemilu tersebut diselenggarakan lebih cepat dari waktu yang telah ditetapkan di Indonesia.

Berdasrkan informasi yang diunggah akun Instagram @indofootballhd, Egy melakukan pencoblosan terlebih dahulu dibanding dengan warga yang berada di Indonesia. Egy tertangkap tengah melakukan pencoblosan di TPS Pemilu Polandia.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini