KPU dan Bawaslu Buka Ruangan Pusat Informasi Hitung Suara Pemilu 2019

"Ruangan ini silakan dimafaatkan oleh semuanya. Ada di layar sebelah kanan menampilkan hasil rekapitulasi pileg."

Suara.Com
Reza Gunadha | Yosea Arga Pramudita
KPU dan Bawaslu Buka Ruangan Pusat Informasi Hitung Suara Pemilu 2019
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman bersama Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan berdiskusi di depan layar Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) saat pembukaan Pusat Informasi Penghitungan dan Rekapitulasi Pemilu 2019 di kantor KPU, Jakarta, Sabtu (20/4).

Suara.com - Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu meresmikan ruangan khusus untuk arus informasi seputar hasil penghitungan suara dan rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu serta Pilpres 2019. Ruangan tersebut berada di Gedung KPU, Menteng, Jakarta Pusat.

Ketua KPU Arief Budiman berharap, ruangan tersebut dapat dimanfaatkan oleh seluruh pihak. Dirinya menyebut ruangan ini akan dibuka hingga akhir rekapitulasi suara yaitu tanggal 22 Mei 2019.

Ruangan ini terbuka untuk siapa pun dan bisa digunakan untuk melaporkan aduan hingga konferensi pers bagi peserta pemilu.

"Ruangan ini silakan dimafaatkan oleh semuanya. Ada di layar sebelah kanan menampilkan hasil rekapitulasi pileg. Kemudian di layar depan menampikan hasil pemilu presiden, tapi suatu saat bisa diubah," ujarnya di Gedung KPU, Sabtu (20/4/2019).

Pada kesempatan yang sama, Ketua Bawaslu Abhan menyebut agar masyarakat berpartisipasi mengawasi proses penghitungan suara. Dirinya meminta semua pihak yang menemukan indikasi kecurangan proses pencoblosan untuk melapor.

"Harapan kami bahwa ketika ada keberatan maka bisa diselesaikan level bawah, jangan menunda persoalan bawah. Kami juga berharap kalau ada masukan, koreksi atau pelanggaran, maka laporkan saja ke jajaran kami, sehingga semua persoalan diselesaikan berdasarkan undang-undang," cetus Abhan.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini