Anies Sebut Banjir Jakarta Bukan karena Sampah Warga Ibu Kota

"Petugas lingkungan hidup, kerja all out membersihkan sampah di Manggarai, Itu sampah yang masuk dari aliran sungai Ciliwung. Sekarang sedang dibersihkan," jelas Anies.

Suara.Com
Agung Sandy Lesmana | Stephanus Aranditio
Anies Sebut Banjir Jakarta Bukan karena Sampah Warga Ibu Kota
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Suara,com/Tio)

Suara.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menilai banjir kiriman yang terjadi di Kali Ciliwung turut membawa sampah dari Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kiriman sampah itu menumpuk di Pintu Air Manggarai dan menjadi tanggung jawab Pemprov DKI.

Anies mengatakan hujan yang biasa terjadi di Jakarta tidak menyebabkan banjir namun ketika hujan deras terjadi di Bogor, air kiriman langsung masuk dan membawa sampah ke Ibu Kota.

"Itu titik-titiknya yang biasanya kena itu limpahan air, padahal kan Jakarta ya hujan tapi tidak ada hujan yang luar biasa, di sini ini adalah contoh situasi banjir karena kiriman dari selatan," kata Anies di Dinas Teknis, Jakarta Pusat, Jumat (26/5/2019).

"Di Manggarai itu Jakarta menampung sampah yang luar biasa banyaknya, kalau lihat sekarang di (pintu air) Manggarai itu bukan sampah di warga kita," tambah Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menambahkan saat ini Pemprov DKI melalui Dinas Lingkungan Hidup sedang membersihkan sampah kiriman dari Bogor tersebut.

"Petugas lingkungan hidup, kerja all out membersihkan sampah di Manggarai, Itu sampah yang masuk dari aliran sungai Ciliwung. Sekarang sedang dibersihkan," jelas Anies.

Sebelumnya, hujan yang mengguyur wilayah Bogor dan sekitarnya membuat Bendungan Katulampa di Kabupaten Bogor dan Pintu Air Depok, Jawa Barat naik level menjadi Siaga I pada Kamis (25/4/2019) malam. Akibatnya 17 wilayah di Jakarta tergenang banjir kiriman.

Ke-17 wilayah tersebut antara lain RW. 07 Kel. Lenteng Agung, RW. 01 Kel. Srengseng Sawah, RW. 01 Kel. Pengadegan, RW. 07 Kel. Rawajati, RW. 05, 06, 07, 08 Kel. Pejaten Timur, dengan ketinggian banjir rata-rata 20 cm s.d 170 cm.

Wilayah Jakarta Timur, tepatnya di RW 02, 05, 08 Kelurahan Cawang, RW 05 Kelurahan Balekambang, RW 04, 05, 08 Kelurahan Kampung Melayu dan RW 07, 11 Kelurahan Bidara Cina.

Lalu, sebagian warga di RT 07, 08, RW 01 Kelurahan Pengadegan kini juga mengungsi di Rusun Pengadegan, Jakarta Selatan akibat diterjang banjir kiriman dari Bogor.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini