May Day, Massa KSPI Mulai Padati Senayan

Mereka juga membawa tuntutan pribadi yakni keadilan terhadap temannya yang di PHK karena mengkritisi kebijakan perusahaan.

Suara.Com
Chandra Iswinarno | Stephanus Aranditio
May Day, Massa KSPI Mulai Padati Senayan
Massa buruh dari FSPMI berkumpul di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (1/5/2019). [Suara.com/Stephanus Aranditio]

Suara.com - Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPI) menggelar aksi peringatan Hari Buruh atau May Day di Tennis Indoor Senayan. Massa KSPI mulai memadati Senayan sejak pukul 08.00 WIB.

Berdasarkan pantauan Suara.com di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Rabu (1/5/2019), massa datang menggunakan puluhan bus dari berbagai daerah di sekitar Jakarta.

Salah satu kelompok massa yang berjumlah 300 orang dari buruh PT Indonesia Epson Industry yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Datang menggunakan 4 bus.

Salah satu anggota FSPMI, Dewi mengatakan kedatangan mereka ke sini menyuarakan tuntutan yang sama dengan tuntutan KSPI. Namun, mereka juga membawa tuntutan pribadi yakni keadilan terhadap temannya yang di PHK karena mengkritisi kebijakan perusahaan.

"Kami berangkat dari Cikarang jam 7 pagi, ada satu orang dari kami yang coba menggerakkan buruh untuk menentang kebijakan perusahaan justru di PHK sepihak tanpa alasan," kata Dewi kepada Suara.com di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Rabu (1/5/2019).

Sedangkan isu yang akan disuarakan KPSI adalah sebagai berikut:

1. Tolak Upah Murah, cabut Peraturan Pemerintah nomor 78 tahun 2015 tentang Pengupahan. Mereka meminta pemerintah merevisi Pasal 44 dan 45 di PP 78/2015 dengan memasukkan penambahan item Komponen Hidup Layak (KHL) yang menitikberatkan pada kualitas KHL, bukan kuantitas.

2. Hapus Outsourcing dan Pemagangan yang Berkedok Outsourcing.

3. Tingkatkan Manfaat Jaminan Kesehatan dan Jaminan Pensiun.

4. Turunkan Tarif Dasar Listrik dan harga Sembako.

5. Tingkatkan Kesejahteraan dan Pendapatan Guru dan Tenaga Honorer serta Pengemudi Ojek Online (Ojol).

Untuk diketahui, 50 ribu buruh KSPI menggelar aksi peringatan hari buruh dengan cara rapat akbar di Lapangan Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (1/5/2019) hari ini mulai pukul 10.30 WIB. Tidak ada aksi jalan kaki di jalanan atau longmarch ke Istana Merdeka, Jalan Merdeka Utara ataupun di sekitaran Monumen Nasional.

Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto juga dijadwalkan hadir pada pukul 11.30 WIB untuk menyampaikan orasi di hadapan kaum buruh yang berasal dari Jabodetabek, Purwakarta, Serang, dan Cilegon.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini