Tips Mudik Sehat, 5 Langkah Mudah Nggak Bikin Susah di Jalan

Oleh sebab itu kesehatan perlu dijaga hingga mudik lebaran Idul Fitri 1440 H nanti.

Suara.Com
Pebriansyah Ariefana | Muslimin Trisyuliono
Tips Mudik Sehat, 5 Langkah Mudah Nggak Bikin Susah di Jalan
Suasana Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (22/12).

Suara.com - Tips Mudik Sehat, 5 Langkah Mudah Nggak Bikin Susah di Jalan

Hari ke-12 Ramadhan berburu tiket lebaran untuk bertemu sanak saudara di kampung halaman sudah mulai dilakukan. Oleh sebab itu kesehatan perlu dijaga hingga mudik lebaran Idul Fitri 1440 H nanti.

Mudik yang sudah menjadi ritual tahunan masyarakat Indonesia ini banyak menyisihkan waktu, ongkos dan tenaga. Selain itu mudik menggunakan kendaraan pribadi memerlukan kesehatan yang prima dibanding menggunakan transportasi umum.

Untuk menjaga Kesehatan saat mudik lebaran Suara.com telah merangkum empat tips mudik sehat untuk pengemudi dan masyarakat yang akan melakukan mudik lebaran.

Berikut tips untuk menjaga kesehatan saat mudik lebaran:

Beristirahat 15 Menit Setiap Mengemudi Selama 4 Jam

Untuk mengurangi resiko kecelakaan saat mengemudi karena kelelahab dianjurkan beristirahat 15 menit disetiap 4 jam perjalanan. Jangan memaksakan diri jika lelah atau mengantuk terkadang pengemudi tidak menghiraukan durasi mengemudi hingga lebih empat jam.

Istirahat selama 15 menit setiap mengemudi 4 jam sekali bisa menjaga kebugaran dan mendinginkan mesin kendaraan setiap perjalanan. Selain itu, terlalu lama duduk di kendaraan bisa menyebabkan otot-otot kaku.

Gunakan Masker

Menggunakan masker saat melakukan perjalanan mudik lebaran bisa melindungi diri dari polusi udara. Selain itu paparan polusi udara bisa menyebabkan bersin, batuk dan sesak pernapasan.

Untuk mudik lebaran menggunakan kendaraan sepeda motor diharuskan untuk menggunakan masker untuk melindungi dari debu, asap, dan polusi lainnya. Untuk pengendara motor tidak lupa menggunakan helm dan disiplin rambu lalu lintas.

Manfaatkan Pos Kesehatan Terdekat

Pemudik bisa memanfaatkan posko pelayanan kesehatan di sepanjang jalur pemudik yang disediakan dinas kesehatan di kabupaten atau kota setempat. Untuk pemudik dianjurkan untuk menyiapkan panduan mudik lebaran untuk mengetahui nomor bantuan rumah sakit dan puskesmas terdekat.

Konsumsi Makanan Dan Minuman Yang Sehat

Saat mudik lebaran untuk mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Dengan memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayur bisa menambah prima kondisi tubuh saat menuju kampung halaman.

Selain itu jauhi narkoba, alkohol serta tidak merokok saat mudik lebaran.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini