Ini Amalan untuk Menjemput Kemuliaan Lailatul Qadar

Amalan apa saja yang bisa dilakukan untuk menjemput Lailatul Qadar?

Suara.Com
Rendy Adrikni Sadikin | Chyntia Sami Bhayangkara
Ini Amalan untuk Menjemput Kemuliaan Lailatul Qadar
Ilustrasi Bumi dan planet-planet di sekitarnya (Shutterstock).

Suara.com - Malam Lailatul Qadar merupakan malam penuh kemuliaan. Namun, tidak ada seorang pun yang mengetahui kapan malam penuh kemuliaan diturunkan Al Quran itu terjadi.

Setiap umat muslim berlomba-lomba untuk meraih Lailatul Qadar agar bisa membawanya pada ketakwaan yang hakiki. Lantas, apa saja upaya yang bisa dilakukan untuk bisa bertemu dengan Lailatul Qadar?

Suara.com melansir dari NU.or.id, Senin (20/5/2019), agar bisa bertemu dengan Lailatul Qadar maka seorang umat muslim harus mempersiapkan diri sejak awal Ramadan tiba. Sehingga ada amalan yang bersifat kontinyu yang terus dilakukan sebagai upaya untuk menjemput kemuliaan pada Lailatul Qadar.

Penulis Kitab Tafsir Al Misbah, Prof Dr Muhammad Quraish Shihab dalam buku berjudul Membumikan Al Quran yang dirilis pada 1999 mengungkapkan beberapa amalan yang bisa dilakukan untuk menjemput Lailatul Qadar.

Pertama, dalam Al Quran disebutkan bahwa pada malam Lailatul Qadar menjadi malam dimana para malaikat turun ke bumi. Hal ini tertuang dalam Surat Al Qadar ayat 4.

Malaikat senang dengan kebaikan dan selalu mendukung manusia untuk berbuat baik. Dengan demikian lakukanlah kebaikan secara terus menerus agar bisa mengantarkan diri mendapatkan malam Lailatul Qadar.

Kebaikan yang bisa dilakukan pun tak memiliki batasan. Selama kita bisa berbuat kebaikan apapun itu, maka lakukanlah jangan sampai ditunda. Kebaikan itulah yang bisa mengantarkan kita untuk mendapatkan kemuliaan.

Kedua, pada malam Lailatul Qadar ada kedamaian sampai fajar terbit. Hal ini tertuang dalam Surat Al Qadar ayat 5. Damai dalam artian ini bisa dilakukan dengan cara berdamai dengan diri sendiri maupun orang lain.

Misalnya, ketika kita tidak bisa memberikan pujian kemapada seseorang maka tidak perlu memakinya ataupun ketika kita tidak bisa memberikan sesuatu kepada orang lain maka janganlah sampai mengambil haknya.

Inilah prinsip kedamaian yang dapat mewujudkan kesejahteraan lahir dan batin sesuai dengan penjelasan dalam Surat Al Qadar ayat 5. Disaat itulah maka manusia bisa mendapatkan kemuliaan.(Fathoni)

Berikut merupakan terjemahan Surat Al Qadar ayat 1 hingga 5:

(1) Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam kemuliaan.

(2) Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?

(3) Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.

(4) Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.

(5) Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini