Jadwal Buka Puasa Bekasi Hari Ini dengan Teh Hangat atau Air Putih?

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa'ala rizkika aftortu birohmatika yaa arhamarrohimin

Suara.Com
Pebriansyah Ariefana
Jadwal Buka Puasa Bekasi Hari Ini dengan Teh Hangat atau Air Putih?
Menu buka puasa Indonesia di Gran Melia (Suara.com/Dinda)

Suara.com - Jadwal Buka Puasa Bekasi Hari Ini dengan Teh Hangat atau Air Putih?

Jadwal buka puasa untuk wilayah Bekasi dan sekitarnya 19 Ramadan 1440 hijriah, Jumat (24/5/2019) pukul 17.46 WIB. Jadwal buka puasa ini berdasarkan jadwal imsakiyah dari Kementerian Agama Republik Indonesia.

Adapun doa yang bisa dipanjatkan saat berbuka puasa seperti berikut:

"Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa'ala rizkika aftortu birohmatika yaa arhamarrohimin".

Artinya: "Ya Allah, karenaMu aku berpuasa, dengamU aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmatMu wahai Allah Tuhan Maha Pengasih".

Setelah membaca doa berbuka puasa, dianjurkan untuk segera membatalkan puasa. Kalian bisa memulainya dengan meminum air putih terlenbih dahulu dan memakan buah kurma.


Minuman apa yang biasanya kalian pilih saat buka puasa? Kebanyakan orang pasti mengonsumsi teh manis hangat dan segala bentuk es buah saat berbuka puasa.

Sejumlah orang yang memilih minum teh hangat saat buka puasa pasti memiliki alasan tersendiri. Salah satunya, beberapa mungkin berpikir perut yang kosong karena puasa seharian bisa saja 'terkejut' jika langsung minum air dingin atau air putih biasa.

Karena itu, mereka lebih memilih berbuka puasa dengan teh manis hangat sebelum mengonsumsi air dingin dan makanan pembuka.

Tetapi, apakah minum teh saat berbuka puasa lebih baik daripada air putih?

Melansir dari livestrong.com, teh yang berasal dari tanaman Camellia sinesis mengandung katekin yakni antioksidan alami dan sangat kuat. Kandungan antioksidan inilah berguna melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Para peneliti melalui "The American Journal of Clinical Nutrition" pun menyimpulkan bahwa minum teh tinggi katekin membantu melindungi dan mencegah terjadinya komplikasi penyakit.

Pada dasarnya, tubuh kita harus terdehidrasi dengan baik sebagai kunci menjaga kesehatan tubuh. Karena itu, manusia disarankan minum 8 gelas air sehari demi menjaga asupan cairan tubuh.

Dalam hal ini teh yang juga merupakan air dan kaya manfaat tetap tidak bisa mengatasi dehidrasi. Selain itu, teh juga memiliki efek samping lainnya karena mengandung banyak kafein seperti kopi, kecuali teh herbal.

Minum teh berkafein tinggi bisa menyebabkan kegugupan, kecemasan, detak jantung cepat, dehidrasi dan sulit tidur.

Karena itu, MedlinePlus merekomendasikan agar seseorang setidaknya memenuhi kebutuhan cairannya lebih dulu sekitar 6-8 gelas air putih sebagai sumber utama hidrasi. Lalu mengonsumsi minuman lain seperti teh sebagai sumber cairan lain.

Begitu pula yang dilansir dari hellosehat.com, minum teh daripada air putih saat perut kosong setelah puasa seharian bukan pilihan tepat. Hal ini justru bisa memicu munculnya cairan asam lambung.

Asam lambung naik ini dipicu dari kandungan kafein dalam teh. Karena itu, ahli menyarankan untuk minum air putih dulu sebelum mengonsumsi minuman lainnya saat berbuka puasa.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini