Soal Amien Rais, Rektor UGM: Sudah Purna, Sudah Pensiun Dari UGM

Ketua Dewan Guru Besar UGM Koentjoro menegaskan jabatan guru besar yang disandang Amien Rais sudah tidak berlaku.

Suara.Com
Chandra Iswinarno
Soal Amien Rais, Rektor UGM: Sudah Purna, Sudah Pensiun Dari UGM
Sejumlah Akademisi UGM memberikan pernyataan dalam konferensi pers yang digelar Jumat (24/5/2019). [Suara.com/Rahmad Ali]

Suara.com - Ketua Dewan Guru Besar Universitas Gadjah Mada (UGM) Profesor Koentjoro menegaskan saat ini segala tindak tanduk yang dilakukan Amien Rais tidak ada hubungannya dengan kampus tersebut.

Pernyataan tersebut disampaikan Koentjoro untuk menegaskan jabatan guru besar yang disandang Amien Rais sudah tidak berlaku.

Senada dengan Koentjoro, Rektor UGM Panut Mulyono menyampaikan segala perilaku Amien Rais sudah menjadi tanggungjawab pribadi tanpa sangkut paut dengan nama kampus.

"Profesor Amien Rais itu sudah purna, sudah pensiun dari Universitas Gadjah Mada. Sehingga secara institusi, sudah tidak ada ikatan secara struktural dengan Profesor Amien Rais. Sehingga apa yang beliau lakukan menjadi tanggungjawabnya pribadi," kata Panut Jumat (24/05/2019)

Dosen FISIPOL UGM Mochtar Masoed mengatakan, UGM menjunjung tinggi kekebasan akademik, yang termasuk di dalamnya kebebasan berpendapat seperti yang dilakukan Amien.

"Siapa pun tidak bisa memunisi pikiran seseorang, dan siapa pun juga tidak bisa mengendalikan pikiran seseorang," kata Mochtar Jumat (24/05/2019)

Diakui Mochtar, Amien Rais adalah orang merdeka. Sehingga, pihaknya tidak mempunyai wewenang melarang atau mencegah dan bahkan memerintah.

"Siapa pun tidak bisa bersikap, UGM tidak bisa bersikap. Karena beliau (Amien Rais) adalah orang merdeka," imbuh Mochtar

Kontributor : Rahmad Ali

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini