Hari Pancasila, Menpora : Pancasila Rumah Bersama dari Keberagaman

1 Juni 1945, pertama kali kata Pancasila digagas oleh pemuda Soekarno.

Suara.Com
Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari
Hari Pancasila, Menpora : Pancasila Rumah Bersama dari Keberagaman
Menpora Imam Nahrawi dan para Menteri Kabinet Kerja serta pejabat negara lainnya mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, di Halaman Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri. (Dok : Menpora).

Suara.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora),  Imam Nahrawi dan para Menteri Kabinet Kerja, serta sejumlah pejabat negara  mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, di Halaman Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jalan Taman Pejambon No 6, Jakarta Pusat, Sabtu (1/6/2019).

Upacara yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo didampingi Wapres Jusuf Kalla kali ini merupakan yang ketiga secara kenegaraan, setelah ditetapkannya  1 Juni merupakan Harlah Pancasila berdasarkan Kepres No 24/2016.

Menpora menekankan kepada seluruh anak bangsa, khususnya para generasi muda, bahwa 1 Juni 1945, pertama kali kata Pancasila digagas oleh pemuda Soekarno. Ia mengungkapkan, hal tersebut diisampaikan dalam Sidang BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) merupakan fakta sejarah yang tidak bisa dilupakan. 

Lahirnya Pancasila adalah sebuah gambaran nyata pentingnya sebuah ideologi dasar yang mampu merekatkan bangsa Indonesia yang serba multi dimensional dalam banyak hal.

"Hari Kelahiran Pancasila mengingatkan kita semua tentang keniscayaan bangsa ini, yakni keberagaman," kata Menpora.

Sejak kelahirannya hingga kini dan yang akan datang, Pancasila merupakan rumah besar dimana tinggal keluarga bernama Indonesia yang penuh aneka ragam, etnis atau suku bangsa, bahasa daerah, adat-istiadat dan budaya, namun dengannya semua menjadi teduh, nyaman, aman, damai, dan sejahtera. 

Suasana harmoni akan tetap terjaga terus bilamana seluruh penghuninya terus mengedepankan kebersamaan.

"Pancasila adalah rumah bersama dari keberagaman, yang sepenuh jiwa dan raga harus kita rawat bersama. Kita Indonesia kita Pancasila, salam Pancasila," tutupnya.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini