Pendaftaran Calon Pimpinan KPK Dibuka, Ini Tahapannya

Pansel Capim KPK meminta bantuan masyarakat untuk berikan masukan soal rekam jejak para capim KPK yang mendaftar.

Suara.Com
Dwi Bowo Raharjo | Ummi Hadyah Saleh
Pendaftaran Calon Pimpinan KPK Dibuka, Ini Tahapannya
Anggota Pansel Capim KPK Harkristuti Harkrisnowo. [suara.com/Nikolaus Tolen]

Suara.com - Pendaftaran Calon Pimpinan KPK resmi dibuka hari ini, Senin (17/6/2019). Para pendaftar bisa langsung mengakses di situs www.setneg.go.id.

Anggota Pansel Capim KPK Harkristuti Harkrisnowo menjelaskan para pendaftar bisa langsung mendaftar melalui situs Sekretariat Negara ataupun langsung mendaftar di Sekretariat Pansel Capim KPK di gedung Sekretariat Negara Jakarta.

Para pendaftar juga bisa langsung mengirimkan berkas permohonan ke email panselkpk2019@setneg.go.id.

"Hari ini pendaftaran dibuka, bisa dibuka di website Setneg dan sudah dilingkup di beberapa lembaga lain," ujar Harkristuti saat jumpa pers di kantor Presiden, Jakarta, Senin (17/6/2019).

Harkristuti mengatakan, pansel nantinya akan menyeleksi persyaratan administrasi, kelengkapan dokumen, dan persyaratan di bidang hukum, ekonomi dan perbankan.

"Memastikan bahwa semua dokumen sudah ada dan juga prasyarat 15 tahun di bidang hukum, ekonomi, dan perbankan. Nanti dicek hasilnya nanti masuk ke seleksi kedua," kata Harkristuti.

Usai menyeleksi calon pimpinan KPK tahap pertama, Harkristuti mengatakan pihaknya akan kembali melakukan seleksi tahap kedua, yakni tahap uji kompetensi berupa objective test, multiple choices dan penulisan makalah.

Ketua Pansel Calon Pimpinan KPK Yenti Garnasih (tengah). (Suara.com/Umay Saleh)
Ketua Pansel Calon Pimpinan KPK Yenti Garnasih (tengah). (Suara.com/Umay Saleh)

"Setelah itu kita akan mengadakan profile assesment oleh satu lembaga human right development yang bagus untuk meneliti mengenai unsur-unsur psikologi dan lainnya," tuturnya

Setelah peserta dinyatakan lolos pada tahap tersebut, mereka selanjutnya akan kembali mengikuti serangkaian tes, dimulai dari tes kesehatan dan wawancara.

"Yang lulus akan mengikuti tes berikutnya, berupa wawancara yang akan didahului dengan tes kesehatan," ucap Harkristuti.

Selain itu, pansel Capim KPK meminta bantuan masyarakat untuk berikan masukan soal rekam jejak para capim KPK yang mendaftar.

"Masyarakat diminta memberi masukan, untuk tracking kalau ada hal-hal yang perlu diketahui pansel dan ini terbuka, kami sudah siapkan email adress dan juga website untuk memberikan masukan," tandasnya

Untuk diketahui, pendaftaran Capim KPK akan berakhir pada 4 Juli 2019 pukul 16.00 WIB.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini