Di KTT ke-34 ASEAN, Jokowi Bakal Kampanye Tiga Hal Ini

Itu untuk merebut peluang dalam pertemuan, terutama guna penguatan ekonomi negara dan kepentingan nasional.

Suara.Com
Reza Gunadha | Ummi Hadyah Saleh
Di  KTT ke-34 ASEAN, Jokowi Bakal Kampanye Tiga Hal Ini
Presiden Jokowi mengundang sejumlah pelaku usaha mikro, kecil, menengah (UMKM). (Suara.com/Umay Saleh)

Suara.com - Presiden Jokowi memimpin rapat terbatas terkait persiapan kunjungan kerja kepala negara ke Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN dan KTT G-20, di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (19/6/2019).

Untuk diketahui, KTT ke-34 ASEAN akan digelar di Thailand. Jokowi menuturkan, sebelum melakukan kunjungan kerja, ia meminta jajarannya untuk melakukan persiapan sebaik-baiknya.

Itu untuk merebut peluang dalam pertemuan, terutama guna penguatan ekonomi negara dan kepentingan nasional.

"Kita harus melakukan persiapan sebaik-baiknya untuk merebut peluang yang ada, terutama dalam angka penguatan ekonomi negara dan kepentingan nasional kita," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, dalam pertemuan KTT ASEAN, akan diangkat isu soal perang dagang Amerika Serikat – China. Karena itu, dirinya akan mengajak negara-negara ASEAN bersatu menghadapi perang dagang.

"Dalam KTT ke-34 ASEAN di Thailand, saya lihat ada beberapa  isu yang perlu kita angkat, pertama kita harus mengajak negara Asean bersatu dalam mengantisipasi perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok, agar stabilitas ekonomi Asean tetap terjaga. Penting sekali kita ajak negara-negara ASEAN bersatu," kata dia.

Selanjutnya, Jokowi mengatakan isu sampah laut juga akan disampaikan saat pertemuan KTT ASEAN.

"Ketiga, yang berkaitan dengan percepatan perdamaian di Rakhine State Myanmar. Itu tiga hal yang akan kita sampaikan di KTT ASEAN," ucap Jokowi.

Dalam Ratas hadir jajaran menteri kabinet Jokowi di antaranya Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, dan Menteri Bidan Perekonomian Darmin Nasution.

Selanjutnya, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, juga hadir dalam ratas.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini