Mei 2020, Tangsel Siap Jadi Tuan Rumah Apeksi

Rekomendasi rakernas kali ini menjadi pekerjaan rumah untuk diperjuangkan.

Suara.Com
Fabiola Febrinastri
Mei 2020, Tangsel Siap Jadi Tuan Rumah Apeksi
Rapat Kerja Nasional XIV Apeksi merekomendasikan Kota Tangerang Selatan sebagai tuan rumah Munas 2020. (Dok : Humas Tangsel)

Suara.com - Rapat Kerja Nasional XIV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) merekomendasikan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) sebagai tuan rumah Musyawarah Nasional (Munas) 2020.

"Kami menetapkan Tangerang Selatan sebagai penyelenggara Munas VI," kata Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, baru-baru ini.

Dalam rakernas tersebut, kata dia, terdapat sejumlah rekomendasi yang disampaikan kepada Dewan Pimpinan Pusat Apeksi untuk diteruskan kepada pemerintah.

"Hasil rekomendasi internal dan eksternal ini akan disampaikan kepada pemerintah untuk ditindaklanjuti agar bisa terealisasi pada 2020," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Apeksi, Airin Rachmi Diany mengatakan, rekomendasi rakernas kali ini menjadi pekerjaan rumah untuk diperjuangkan.

Adapun berkaitan dengan pemilihan Tangsel sebagai tuan rumah Munas VI, Airin berharap, penyelenggaraannya nanti bisa sukses seperti rakernas di Semarang, Jawa Tengah.

Wakil Wali kota Tangsel, Benyamin Davnie mengungkapkan, kesiapan Tangsel menjadi tuan rumah Apeksi.

"Kita siap jadi tuan rumah di Mei 2020 mendatang. Intinya, sebelum puasa dan pilkada Tangsel, kita siap sukseskan Apeksi di Tangsel, "ungkapnya.

Dalam prosesnya, diakui Benyamin, kalau Munas biasanya akan melahirkan sebuah terobosan gagasan dari para kepala daerah untuk disampaikan kepada pemerintah pusat.

"Munas bukan hanya ajang kumpul-kumpul semata, namun lebih dari itu. Para wali kota seluruh Indonesia hadir untuk bisa urun rembuk bersama mencari solusi terkait permasalah kewenangan yang kekinian, yang bersinggungan langsung antara kewenangan kota dan pusat," terangnya.

Benyamin mengatakan, kesiapan Tangsel terlihat dari berbagai aspek, seperti jumlah kamar hotel yang tersedia, baik dari bintang dua, tiga dan empat, yaitu sebanyak 3000 kamar, tempat wisata kuliner, seperti Telaga Sampiren, Remaja Kuring, dan lainnya, untuk destinasi lainnya seperti Ocean Park, Jurang Doank, Kampung Dongeng, Situ Gintung dan lainnya.

"Kita sudah siap, bahkan untuk pelaksanaan pawai bisa di kawasan Bintaro atau Serpong, untuk penanaman pohon akan dilakukan antara di Taman kota 1 ataupun 2," jelasnya.

Untuk menyukseskan hal tersebut, Bang Ben, sapaan Benyamin, menyatakan akan membahas perencanaan anggaran di APBD Perubahan yang akan dialokasikan di beberapa dinas.

Benyamin memastikan jika Munas Apeksi mendatang akan menggagas isu yang selama ini menghantui daerah, yaitu penguatan alokasi anggaran.

"Penguatan alokasi anggaran pemerintah daerah untuk mendukung profesionalitas aparatur dan kemandirian daerah," katanya.

Benyamin menambahkan, sebagai tuan rumah Munas Apeksi 2020, seluruh elemen harus bersama-sama mensukseskan acara tersebut, karena para wali kota se-Indonesia bakal hadir di Tangsel.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini