Polisi Limpahkan Berkas Perkara Pengancam Penggal Kepala Jokowi ke Kejati

Argo mengatakan pelimpahan itu baru tahap pertama, pada pelimpahan kedua polisi akan mengirimkan barang bukti dan tersangka.

Suara.Com
Dwi Bowo Raharjo | Yosea Arga Pramudita
Polisi Limpahkan Berkas Perkara Pengancam Penggal Kepala Jokowi ke Kejati
Detik-detik Hermawan Susanto, lelaki yang ancam penggal kepala Jokowi (dok. Polda Metro Jaya)

Suara.com - Kepolisian telah melimpahkan berkas perkara kasus pengancam penggal kepala Jokowi atas tersangka Hermawan Susanto. Berkas tersebut dikirimkan ke Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta.

"Berkas perkara sudah dikirim ke kajaksaan. Kapannya cek dulu ke penyidik ya," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisiaris Besar Polisi Argo Yuwono kepada wartawan, Jumat (12/7/2019).

Argo menerangkan, berkas yang dilimpahkan tersebut merupakan tahap pertama atau dengan kode P19. Kekinian, berkas tersebut tengah dipelajari oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU).

"Pelimpahan itu baru tahap pertama (hanya mengirimkan berkas). Tahap kedua mengirimkan barang bukti dan tersangka," sambungnya.

Sebelumnya, polisi menetapkan Hermawan Susanto sebagai tersangka menyusul aksi pengancaman terhadap Jokowi.

Ancaman pemenggalan kepala Jokowi itu disampaikan Hermawan saat ikut melakukan aksi di depan kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pada Jumat (10/5) lalu.

Hermawan Susanto, Pengancam Penggal Kepala Jokowi Jadi Tersangka. (dok Polisi)
Hermawan Susanto, Pengancam Penggal Kepala Jokowi Jadi Tersangka. (dok Polisi)

Polisi akhirnya dapat menangkap pemuda itu saat bersembunyi di rumah kerabatnya di kawasan Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (12/5).

Atas perbuatannya itu, Hermawan dijerat Pasal 104 KUHP dan atau Pasal 110 KUHP, Pasal 336 dan Pasal 27 Ayat 4 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik karena yang bersangkutan diduga melakukan perbuatan dugaan makar dengan maksud membunuh dan melakukan pengancaman terhadap presiden.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini