Sudah Kantongi Nama-nama Menteri, Jokowi Ungkap Ciri-cirinya

"Sudah, Sudah (ada nama yang akan jadi menteri). Ya kira-kira 60 40 atau 50 50 (perbandingan komposisi kader partai dan profesional milenial). Kira-kira itu," ujar Jokowi

Suara.Com
Reza Gunadha | Ummi Hadyah Saleh
Sudah Kantongi Nama-nama Menteri, Jokowi Ungkap Ciri-cirinya
Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya ke Labuan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timur juga sempat meninjau objek wisata geologi yakni Gua Batu Cermin. [Biro Setpres]

Suara.com - Presiden Jokowi mengakui sudah mengantongi nama-nama yang akan menduduki kursi kabinet pada periode kedua kepemimpinannya, tahun 2019 – 2024.

Meski belum mau membeberkan tokoh-tokoh itu, Jokowi mengungkapkan sebagian dari kabinetnya nanti adalah kaum profesional, kader partai politik, termasuk kalangan milenial.

"Sudah, Sudah (ada nama yang akan jadi menteri). Ya kira-kira  60 – 40 atau 50 – 50 (perbandingan komposisi kader partai dan profesional milenial). Kira-kira itu," ujar Jokowi di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (12/7/2019)

Ia menuturkan, segera mengumumkan nama-nama calon menterinya. Jokowi juga mengatakan, ada kemungkinan menteri lama untuk dipertahankan dalam kabinet.

Tak hanya itu, Jokowi menuturkan dirinya sudah meminta partai-partai pendukung untuk mengajukan nama calon menteri tapi dari kalangan muda.

Namun, jika tidak ada, ia akan mencari tokoh muda dari kalangan profesional untuk didapuk menjadi menteri.

"Saya minta dari partai juga ada yang muda. Ada dari profesional juga. Kalau enggak ada dari partai, ya kami cari sendiri. Profesional muda kan sekarang banyak banget," ucap Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengakui tak mempersoalkan partai pendukung meminta jatah kursi menteri.

"Ya enggak apa-apa, mau minta 10, mau minta 11, mau minta 9.”

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini