LKS SMK 2019 Sukses Digelar, Tingkat Keikutsertaan Naik Signifikan

Rata-rata keikutsertaan LKS SMK Tingkat Nasional 2019 dilaporkan naik 30 persen.

Suara.Com
Rima Sekarani Imamun Nissa | Yasinta Rahmawati
LKS SMK 2019 Sukses Digelar, Tingkat Keikutsertaan Naik Signifikan
Penutupan LKS SMK Tingkat Nasional 2019. (Suara.com/Yasinta Rahmawati)

Suara.com - Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (LKS SMK) tingkat nasional kembali sukses digelar. Menandai edisi yang ke-27, LKS SMK 2019 berlangsung pada 7-13 Juli kemarin dan bertempat di Yogyakarta.

Direktur Pembinaan SMK Kemendikbud, M. Bakrun mengatakan gelaran LKS SMK 2019 berjalan lancar dan sukses.  Angka kepesertaan bahkan diketahui naik signifikan dari tahun sebelumya.

Ia menyebutkan, rata-rata peserta lomba dari masing-masing bidang naik sekitar 30 persen. Bahkan, terdapat dua bidang lomba yang benar-benar diikuti perwakilan 34 provinsi, yaitu IT Network System Administration dan Electrical Evaluation.

"Setiap tahun kami berharap jumlah peserta naik, keikutsertaan di Jawa dan luar Jawa juga naik. Yang kami harapkan, proses pemerataan tidak hanya di Jawa saja tapi kami berharap tahun depan semua provinsi bisa mengikuti semua lomba yang dilaksanakan," ujar M.Bakrun, beberapa saat sebelum acara penutupan LKS SMK 2019 di Sleman City Hall, Jumat (12/07/2019) malam.

LKS SMK 2019 menjadi pencapaian tertinggi di tingkat nasional bagi siswa-siswi SMK dari masing-masing bidang keahlian.

Penutupan LKS SMK Tingkat Nasional 2019. (Suara.com/Yasinta Rahmawati)
Penutupan LKS SMK Tingkat Nasional 2019. (Suara.com/Yasinta Rahmawati)

Ajang bergengsi tahunan ini diikuti oleh 759 peserta lomba yang merupakan perwakilan dari 34 provinsi di Indonesia. Lomba ini juga merupakan salah satu bentuk perhatian besar dari pemerintah terhadap pendidikan kejuruan atau vokasi di Tanah Air.

Sementara itu, LKS SMK 2019 mengusung tema "Kompeten Menyongsong Industri 4.0". Harapannya, ajang ini dapat sekaligus mempersiapkan siswa SMK untuk menyongsong dunia industri yang berkembang pesat.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini