Viralkan Menu Tulisan Tangan Garuda, 2 Youtubers Hari Ini Diperiksa Polisi

"Terjadwal dalam undangan klarifikasi yang dilayangkan penyelidik demikian," ungkap Alex kepada Suara.com.

Suara.Com
Agung Sandy Lesmana | Yosea Arga Pramudita
Viralkan Menu Tulisan Tangan Garuda, 2 Youtubers Hari Ini Diperiksa Polisi
Viral Menu Tulis Tangan di Kelas Bisnis Garuda, Berikut Fakta-faktanya (instagram.com/rius.vernandes)

Suara.com - Setelah dilaporkam terkait dugaan pencemaran nama baik kepada PT. Garuda Indonesia, polisi menjadwalkan pemeriksaan terhadap dua YouTubers bernama Rius Vernandes dan Elwiyana Monica, Rabu (17/7/2019), hari ini.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Bandara Soekarno Hatta, Ajun Komisiaris Polisi Alexander Yurikho mengatakan, pemeriksaan perdana ini dilakukan untuk mengklarifikasi soal pencemaraan nama baik yang diduga dilakukan Rius dan Elwiyana di media sosial.

Keduanya dilaporkan oleh PT. Garuda Indonesia terkait unggahan foto kartu menu kelas bisnis yang hanya ditulis tangan ke Instastory akun Instagram @rius.vernandes, Sabtu (13/7/2019) pekan lalu.

"Terjadwal dalam undangan klarifikasi yang dilayangkan penyelidik demikian," ungkap Alex kepada Suara.com.

Dalam laporan kasus itu, kedua diduga melanggar Pasal 27 Ayat (3) jo Pasal 45 Ayat (3) dan/atau Pasal 28 Ayat (1) jo Pasal 45 A Ayat (1) Undang Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE dan/atau Pasal 310 KUHP dan/atau Pasal 311 KUHP.

Sebelumnya, Kapolres Bandara Soekarno Hatta, Komisaris Besar Polisi Victor Togi Tambunan mengaku telah menerima laporan kasus pencemaraan nama baik yang diduga dilakukan Rius dan Elwiyana.

"Benar ada laporan dari pihak PT Garuda Indonesia," ungkap Victor melalui pesan singkat kepada Suara.com, kemarin.

Dalam penyelidikan ini, polisi pun telah memanggil sejumlah saksi guna mendalami pelaporan tersebut.

"Saat ini dalam proses mengundang atau memanggil para saksi," sambungnya.

Diketahui, menu tulisan tangan yang kabarnya digunakan di penerbangan kelas bisnis Garuda Indonesia rute Sydney-Denpasar viral di media sosial.

Kabar itu sendiri awalnya diunggah oleh akun Instagram milik Rius Vernandes, sebelum disebarkan lewat media sosial lain.

"Menu yang dibagiin tadi di Business Class @garuda.indonesia dari Sydney-Denpasar. Menunya masih dalam proses percetakan Pak," tulis akun @rius.vernandes.

Untuk iketahui, pihak Garuda Indonesia sendiri telah memberikan klarifikasi lewat akun Twitter mereka @IndonesiaGaruda.

"Dapat kami sampaikan bahwa ini bukan kartu menu untuk penumpang, melainkan catatan pribadi awak kabin yang tidak untuk disebarluaskan. Terima kasih," tulis akun @IndonesiaGaruda seperti dikutip Suara.comdari cuitan di Twitter, Sabtu, (13/07/2019).

Kontributor : Muhammad Iqbal

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini