Polemik Instalasi Getah Getih, Anies: Kalau Pilih Besi Impor Dari Tiongkok

Menurut Gubernur Anies, pembuatan patung dalam rangka memeriahkan Asian Games 2018 itu menguntungkan petani bambu.

Suara.Com
Chandra Iswinarno | Fakhri Fuadi Muflih
Polemik Instalasi Getah Getih, Anies: Kalau Pilih Besi Impor Dari Tiongkok
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota. (Suara,com/Fakhri)

Suara.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyangkal pembuatan Instalasi Seni Getah Getih dituding banyak pihak hanya membuang anggaran. Menurut Anies, pembuatan patung dalam rangka memeriahkan Asian Games 2018 itu menguntungkan petani bambu.

Ia mengaku sengaja memilih monumen yang terbuat dari bambu agar menguntungkan masyarakat dalam negeri. Menurutnya jika mengambil material seperti besi, maka harus mengimpor dan menguntungkan pihak luar negeri.

"Kalau saya memilih besi, maka itu impor dari Tiongkok mungkin besinya. Uangnya justru tidak ke rakyat kecil," ujar Anies di Balai Kota, Jumat (19/7/2019).

Karena itu, ia menganggap anggaran tidak dihamburkan percuma meskipun hanya terpajang selama 11 bulan. Bahkan, menurutnya, seharusnya instalasi bambu tersebut hanya bertahan enam bulan.

"Jadi justru anggaran kita dimanfaatkan untuk rakyat kebanyakan. Proyeksinya waktu itu usianya enam bulan," jelas Anies.

Lebih lanjut, Anies mengatakan ke depannya juga akan lebih sering membangun instalasi serupa sebagai penghias kota. Namun, ia akan memilih seniman lokal dengan nuansa budaya Indonesia.

"Kita akan lebih sering dan harapannya nanti nuansa yang ada adalah nuansa keindonesiaan lebih kuat," pungkasnya.

Sebelumnya, anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDIP, Gembong Warsono menyayangkan patung getih getah yang dipajang di Bundaran HI, Jakarta Pusat dibongkar. Ia menyebut anggaran Rp 550 juta yang dibuat untuk membuat patung tersebut menjadi mubazir.

Gembong menyebut Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memberikan keterangan yang tidak sesuai soal ketahanan dari patung yang dibuat untuk memeriahkan Asian Games 2018 itu. Anies disebutnya pernah berkata Getah Getih akan dibuat lebih tahan lama.

"Yang pertama mubazir, yang kedua dulu kan pernah kita pertanyakan katanya kan tahan lama," ujar Gembong saat dihubungi, Kamis (18/7/2019).

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini