Gerinda Incar Kursi Ketua MPR, Ini Reaksi PDIP

Partai Gerindra menargetkan kadernya menduduki kursi Ketua MPR.

Suara.Com
M. Reza Sulaiman | Fakhri Fuadi Muflih
Gerinda Incar Kursi Ketua MPR, Ini Reaksi PDIP
Sekretaris Jenderal Partai PDIP, Hasto Kristiyanto. (Suara.com/Tio).

Suara.com - Partai Gerindra menargetkan kadernya akan menduduki kursi Ketua MPR. Terkait hal tersebut, kubu PDIP mempersilahkannya jika Gerindra memiliki tujuan tersebut.

Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto menyebut setiap Partai memiliki targetnya masing-masing. Termasuk kursi ketua MPR menjadi target dari tiap partai yang ingin kadernya menduduki kursi tersebut.

"Setiap parpol bisa punya target‎, bagaimana MPR juga dipimpin oleh kadernya," ujar Hasto di gedung I News Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (19/7/2019).

Menurutnya nantinya pemillihan ketua MPR akan melalui mekanisme musyawarah antara para anggota DPR dan DPD. Karena itu posisi ketua MPR akan menjadi pembahasan bagi para wakil rakyat di periode mendatang.

"Nanti ada mekanisme bahas bersama," kata Hasto.

Wakil Ketua Fraksi Gerindra MPR RI, Sodik Mudjahid, mengharapkan kursi ketua MPR bisa diisi oleh perwakilan dari Partai Gerindra. Alasan Sodik ialah untuk mewujudkan rekonsiliasi dalam mempersatukan bangsa pasca Pilpres 219.

Sodik mengatakan kursi presiden sudah pasti akan diisi oleh Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi), kemudian kursi ketua DPR diisi oleh PDI Perjuangan (PDI-P) sesuai dengan aturan Undang-Undang MD3 tentang MPR, DPR, DPRD dan DPD.

"Ketua DPR sudah diatur oleh UU MD3 sebagai hak pemenang pertama Pileg 2019-2024 yakni PDIP," kata Sodik dalam keterangan tertulisnya, Jumat (19/7/2019).

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini