Anies Minta Orang Betawi ke Monas: Kemerdekaan Bukan Kemauan Kelompok Kecil

Lulung yang minta lebaran Betawi digelar di Monas.

Suara.Com
Pebriansyah Ariefana | Muhammad Yasir
Anies Minta Orang Betawi ke Monas: Kemerdekaan Bukan Kemauan Kelompok Kecil
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Suara.com/Yasir)

Suara.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan pada tahun 2019 merupakan tahun dimana untuk pertama kali Lebaran Betawi diselenggarakan di Monas, Gambir, Jakarta Pusat. Anies mengaku bersyukur dan bahagia lantaran Monas memiliki sejarah penting dalam kemerdekaan Indonesia.

Hal itu dikatakan Anies saat memberi pidato singkat dalam acara Festival Lebaran Betawi ke-12 di Silang Monas, Gambir, Jakarta Pusat. Menurut Anies, peserta dan warga yang hadir dalam acara tersebut menjadi saksi dimana pertama kali Lebaran Betawi diselenggarakan di Monas

"Alhamdulillah hari ini kita yang berada di tempat ini menjadi saksi pertama kalinya lebaran Betawi diselenggarakan di lapangan Monas tempat kita bersama," tutur Anies.

Berkenaan dengan itu, Anies lantas menceritakan bagaimana lapangan Monas yang dulunya bernama lapangan Ikatan Atletik Djakarta (Ikada) memiliki riwayat sejarah dalam kemerdekaan Indonesia. Ketika itu Anies mengatakan ada sebuah pertemuan Ikada dimana masyarakat Betawi berbondong-bondong hadir memenuhi lapangan untuk menyatakan bahwa kemerdekaan Indonesia bukan atas kemauan segelintir orang saja melainkan kemauan seluruh rakyat Indonesia.

"Masyarakat Betawi berbondong-bondong datang di lapangan ini ingin menunjukkan kepada dunia bahwa kemerdekaan bukan kemauan kelompok kecil, kemerdekaan adalah kemauan seluruh rakyat, dan siapa itu? Masyarakat Betawi yang melakukan di tempat ini," ujarnya.

"Kehadiran masyarakat Betawi pada waktu itu mengirimkan pesan kepada semua bahwa Indonesia merdeka bukan cita cita kelompok kecil tapi Indonesia bisa merdeka adalah cita cita seluruh rakyat. Alhamdulillah hari ini kita kembali menggunakan lapangan ini untuk kegiatan merayakan tradisi lebaran Betawi," imbuhnya.

Oleh karena itu, Anies mengungkapkan ketika Ketua Badan Musyawarah (Bamus) Betawi, Abraham Lunggana atau Lulung meminta izin untuk menggunakan lapangan Silang Monas untuk acara Lebaran Betawi dirinya pun langsung menyetujuinya.

"Waktu itu Pak Haji Lulung menyampaikan, saya bukan hanya menyambut baik, kita dukung agar Monas bisa menjadi tempat untuk kegiatan Lebaran Betawi," ungkapnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini