Ancaman Keras Menteri Susi Bagi Pembuang Sampah Sembarangan

Menteri Susi menyebut, Indonesia menjadi negara penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia

Suara.Com
Bangun Santoso | Muslimin Trisyuliono
Ancaman Keras Menteri Susi Bagi Pembuang Sampah Sembarangan
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti

Suara.com - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti mengatakan Indonesia menjadi penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia. Oleh sebab itu perlu adanya perhatian mengurangi penggunaan plastik untuk kebutuhan sehari-hari.

Di tengah pawai tolak plastik sekali pakai yang diikuti sekitar 1.000 orang dan 49 lembaga serta organisasi di Car Free Day, Bundaran HI. Untuk menghimbau masyarakat Susi menyerukan jargon buang sampah plastik sembarangan untuk tenggelamkan.

"Ilegal fishing kita tenggelamkan, pencuri ikan kita tenggelamkan. Sekarang pencuri ikan pergi datanglah plastik, pembuang sampah plastik ke lautan juga kita tenggelamkan!," ujar Susi, Minggu (21/7/2019).

Kemudian, Susi menerangkan Indonesia saat ini menjadi negara penghasil ikan terbesar kedua di Eropa dan keempat di dunia. Sehingga sampah plastik berpotensi akan mengancam ekosistem di lautan.

Susi mencontohkan hal paling kecil salah satunya dengan tidak membuang puntung rokok sembarangan dan menggunakan sedotan plastik. Pasalnya filter pada rokok terbuat dari plastik.

Ia juga menghimbau kampanye larangan penggunaan plastik untuk diterapkan di seluruh institusi pemerintah. Seperti yang sudah diterapkan di lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

"Di Kementerian Kelautan tidak boleh menggunakan plastik sekali pakai ke kantor, kita harap semua begitu. Plastik sekali pakai tidak, buang sampah sembarangan tenggelamkan!," katanya lagi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini