Tinjau Bunga Bangkai di Jorong Sitingkai, BKSDA: Akan Mekar Empat Hari Lagi

BKSDA Bukittinggi memperkitakan tanaman langka tersebut akan mekar sempurna dalam waktu empat hari ke depan.

Suara.Com
Chandra Iswinarno
Tinjau Bunga Bangkai di Jorong Sitingkai, BKSDA: Akan Mekar Empat Hari Lagi
Bunga bangkai raksasa. [Covesia/Istimewa]

Suara.com - Temuan bunga bangkai di Jorong Sitingkai Nagari Koto Rantang Kecamatan Palupuah Kabupaten Agam membuat Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) untuk memantau keberadaan flora langka tersebut.

Saat melakukan pemantauan terhadap satu kuncup bunga bangkai, BKSDA Bukittinggi memperkitakan tanaman langka tersebut akan mekar sempurna dalam waktu empat hari ke depan.

"Kita menindaklanjuti informasi dari masyarakat tentang temuan bunga nangkai hari Sabtu kemarin, dari hasil pemantauan bunga tersebut memiliki tinggi lebih kurang 1,5 meter dan diperkirakan mekar sempurna empat hari ke depan," ujar Kepala Resor BKSDA Bukittinggi Ciko saat dikonfirmasi Covesia.com-jaringan Suara.com pada Senin (22/7/2019).

Dilanjutkan Ciko, untuk menindaklanjutinya, BKSDA akan memberikan perlindungan di sekitar bunga, serta plang peringatan agar tidak mengganggu keberadaan tanaman tersebut. Selain itu, pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar sama-sama menjaga tumbuhan langka tersebut.

"Rencana besok kita akan kembali ke lokasi untuk memberikan pagar pembatas serta plang peringatan, serta terus melakukan pemantauan perkembangan bunga," tutur Ciko.

Untuk diketahui, Warga Jorong Sitingkai Nagari Koto Rantang Kecamatan Palupuah Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menemukan keberadaan bunga langka tersebut saat hendak pergi berkebun pada Sabtu (20/7/2019) siang.

"Bunga itu tingginya lebih kurang setinggi orang dewasa dan ditemukan di pinggang bukit oleh warga saat hendak ke kebun," ujar Heru.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini