Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil Ungkap Lahan Lokasi Calon Ibukota Negara

Ada lahan 90 persen milik negara dan ada juga wilayah yang 50 persen lahan milik negara dan 50 persen milik rakyat.

Suara.Com
Suwarjono
Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil Ungkap Lahan Lokasi Calon Ibukota Negara
Menteri Sofyan Djalil [Suara.com/Dian Kusumo Hapsari]

Suara.com - Presiden Joko Widodo segera mengumumkan nama daerah yang akan menjadi tujuan pemindahan Ibu Kota Negara. Dikabarkan Jokowi akan menyampaikan kabar penting ini pada pidato Sidang Tahunan MPR, Jumat besok.

Wilayah manakah yang akan menjadi pusat perhatian seluruh masyarakat Indonesia di masa yang akan datang ini? Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil menolak menyebutkan nama daerah tersebut. Namun demikian, ia memberi bocoran bahwa pemerintah mempunyai beberapa alternatif lokasi yang bisa menjadi tempat Ibu Kota Negara.

“Lokasi sudah disiapkan. Ada tempat yang 90 persen tanah negara. Ada juga yang 50 persen tanah negara dan 50 persen tanah rakyat. Jadi, dana yang disiapkan pemerintah sebesar hampir Rp500 triliun itu untuk pembangunan dan fasilitas,” kata Menteri Sofyan Djalil saat bertemu sejumlah pemimpin redaksi media massa di Jakarta, Kamis, 25 Agustus 2019.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah menyatakan akan segera mengumumkan secara resmi rencana pembangunan Ibu Kota Negara di Kalimantan. Lokasi persis belum disebut Jokowi, namun perkiraan berlokasi di Kalimantan Tengah. Pembangunan Ibu Kota yang menghabiskan dana sekitar Rp466 triliun ini akan dimulai tahun ini.

Sofyan Djalil juga memastikan, pemerintah telah menyiakan 200 ribu hektar untuk lahan ini. “Presiden sudah meminta agar dicari ahli perencanaan kota terbaik di dunia, karena ini untuk membangun kota masa depan,” kata Sofyan.

Desain Ibu Kota baru ini, menurut Sofyan Djalil, sangat bagus dan menjawab kebutuhan kota masa depan. Dengan taman yang luas, fasilitas pendukung memadai hingga fasilitas publik. “Kita tunggu saja pengumuman presiden,” kata Sofyan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini