Ini Korban Kedua Pemberian Obat Kedaluawarsa di Puskesmas Kamal Muara

Winda mengaku diberi vitamin B6 kedaluwarsa akibat kelalaian pihak Puskesmas Kamal Muara, hingga merasakan lemas, mual dan pusing.

Suara.Com
Chandra Iswinarno | Muhammad Yasir
Ini Korban Kedua Pemberian Obat Kedaluawarsa di Puskesmas Kamal Muara
Obat kedaluwarsa alias expired dan tidak boleh digunakan. (Shutterstock)

Suara.com - Insiden keracunan yang menimpa ibu hamil bernama Novi Sri (24) lantaran diduga karena diberi obat kedaluwarsa di Puskesmas Kamal Muara, Jakarta Utara, ternyata dialami juga oleh ibu hamil lainnya, Winda Dwi Lestari (23).

Winda mengaku diberi vitamin B6 kedaluwarsa akibat kelalaian pihak Puskesmas Kamal Muara, Kelurahan Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, hingga merasakan lemas, mual dan pusing tiap kali mengkonsumsi vitamin B6 kedaluwarsa tersebut.

Suami Winda, Hendi Wijaya (27), mengaku mulanya dirinya dan sang istri tidak mengetahui kalau vitamin B6 yang diberikan oleh pihak Puskesmas Kamal Muara itu ternyata kedaluwarsa. Hendi mengatakan baru mengetahui setelah di media ramai memberitakan ada korban seorang wanita hamil bernama Novi Sriwahyuni (21) yang diberi vitamin B6 kedaluwarsa dari Puskesmas Kamal Muara.

Hendi yang merasa khawatir lantas mengecek vitamin B6 yang diberikan oleh Puskesmas Kamal Muara kepada sang istri yang juga mengecek kandungan di Puskesmas tersebut seperti Novi. Setelah dicek ternyata memang benar vitamin B6 yang diberikan oleh Puskesmas Kamal Muara kepada istrinya itu telah kedaluwarsa sejak April 2019.

"Saya ngecek vitamin B6 yang ada di rumah, pas saya cek ternyata benar bahwa vitamin B6 itu sudah kedaluwarsa sejak April 2019. Sekarang obatnya saya tinggal di Polsek Penjaringan buat barang bukti," kata Hendi saat dihubungi Suara.com, Kamis (22/8/2019).

Hendi mengatakan sang istri telah dua kali mengecek kandungannya ke Puskesmas Kamal Muara, yakni pada Juni dan Juli. Hanya, kata Hendi, dirinya tidak tahu pasti apakah vitamin B6 yang telah habis dikonsumsi sang istri itu juga kedaluwarsa atau tidak.

Hendi menjelaskan berdasar pengakuan istrinya tiap kali usai mengkonsumsi vitamin B6 mengaku selalu merasakan lemas, mual dan pusing. Hanya saja baik istrinya maupun Hendi tidak pernah menyangka bahwasanya efek tersebut timbul akibat mengkonsumsi vitamin B6 yang telah kedaluwarsa.

Kalau istri saya setelah minum vitamin itu dia mengalami lemas, mual, terus pusing.

"Nyangkanya ini bawaan orok gitu, karena masih hamil muda gitu jalan tiga bulan," ungkapnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini