Jelang Pemakaman BJ Habibie, Pelayat Mulai Memadati TMP Kalibata

BJ Habibie telah menghembuskan nafas terakhirnya di usia ke 83.

Suara.Com
Dwi Bowo Raharjo | Fakhri Fuadi Muflih
Jelang Pemakaman BJ Habibie, Pelayat Mulai Memadati TMP Kalibata
Suasana makam Presiden ke-3 RI BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9).

Suara.com - Jenazah Presiden ke-3 RI, Bacharuddin Jusuf Habibie akan dimakamkam di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatn, Rabu (12/9/2019) siang. Para pelayat mulai mendatangi lokasi pemakaman untuk melihat proses secara langsung.

Pantauan Suara.com di lokasi, pelayat dari berbagai kalangan sudah tiba di TMP Kalibata. Mulai dari keluarga, kerabat, hingga para tokoh-tokoh nasional.

Beberapa diantaranya terlihat aktor Reza Rahardian dan Sutradara Hanung Bramantyo. Kemudian Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga disebut sedang dalam perjalanan menuju ke TMP.

Didirikan tenda warna merah dan putih di sekitar makam. Di dalamnya terdapat kursi yang disediakan untuk para pelayat.

Suasana makam Presiden ke-3 RI BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9). [Suara.com/Arya Manggala]
Suasana makam Presiden ke-3 RI BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9). [Suara.com/Arya Manggala]

Kursi pelayat sebagian sudah ditempati oleh para pelayat. Masyarakat sekitar juga memenuhi bagian luar tenda untuk menyaksikan prosesi pengataran Habibie ke tempat peristirahatan terakhirnya.

Sementara para aparat gabungan TNI-Polri selaku pelaksana upacara telah melakukan gladi bersih. Upacara akan dilakukan secara militer.

Rencananya pemakaman akan berlangsung pukul 14.00 WIB. Jenazah Habibie akan diberangkatkan dari rumah duka di Kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Untuk diketahui, lokasi makam Habibie berada disebelah istrinya, Ainun Habibie. Pemakaman militer ini akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Presiden ke-3 RI, BJ Habibie telah menghembuskan nafas terakhirnya di usia ke 83. Habibie wafat di ruang CICU, Paviliun Kartika RSPAD Jakarta Pusat.

Menurut Putera Kedua Habibie, Thareq Kemal Habibie, ayahnya meninggal pukul 18.05 WIB. Ia menyebut penyebabnya adalah faktor usia.

"Saya harus menyampaikan ini, bahwa Ayah saya, Presiden Ketiga RI, BJ Habibie meninggal dunia pukul 18.05 WIB," ujar Thareq di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2019).

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini