Eks Ajudan Cerita Tentang Rantang Ainun dan Kebiasaan BJ Habibie

"Saya kadang-kadang malu sebagai anak yang lebih muda saat itu, beliau (Habibie) itu seperti pengantin baru setiap hari dengan ibu Ainun," ujar TB Hasanuddin

Suara.Com
Reza Gunadha | Ummi Hadyah Saleh
Eks Ajudan Cerita Tentang Rantang Ainun dan Kebiasaan BJ Habibie
Mayor Henderal TNI Purnawirawan Tubagus Hasanuddin, mantan ajudan mendiang Presiden ketiga BJ Habibie, menceritakan kisah hidup almarhum dengan sang istri, Ainun. [Suara.com/Ummi Hadyah Saleh]

Suara.com - Mayor Henderal TNI Purnawirawan Tubagus Hasanuddin, mantan ajudan mendiang Presiden ketiga BJ Habibie, menceritakan kisah hidup almarhum dengan sang istri, Ainun.

Politikus PDIP itu menuturkan, hubungan Habibie dan Ainun sejak dulu terbilang romantis. Bahkan, Hasanuddin yang kala itu masih muda, merasa malu melihat romansa Habibie – Ainun.

"Saya kadang-kadang malu sebagai anak yang lebih muda saat itu, beliau (Habibie) itu seperti pengantin baru setiap hari dengan ibu Ainun," ujar TB Hasanuddin di Taman Makam Pahlawan Nasional, Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Hasanuddin menuturkan, Ainun terbiasa selalu mengantarkan Habibie yang hendak pergi bertugas sampai halaman depan rumah, dan melambaikan tangan.

Begitu pula saat Habibie pulang bertugas, Ainun selalu menjemput sang suami di halaman depan rumah. Mereka lantas bergandengan tangan, berjalan masuk.

"Ibu Ainun sudah menunggu di depan, dan kemudian, saat turun dari mobil, Pak Habibie dan Ibu Ainun bergandengan tangan ke dalam rumah, seperti penganti baru selamanya," tuturnya.

Dia juga mengungkapkan, Habibie kerap menyantap makanan yang dimasak Ainun saat berada di Istana Kepresidenan.

"Setiap makan siang, kami ambil makanan dalam rantang yang dimasak oleh ibu (Ainun) kemudian dari situ beliau menyantapnya," tuturnya.

Untuk diketahui, BJ Habibie dimakamkan secara kenegaraan. Presiden Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara.

Sejumlah tokoh hadir, di antaranya Presiden kelima Megawati Soekarnoputri, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan sejumlah kabinet kerja Jokowi -Jusuf Kalla.

Presiden ke-3 RI, BJ Habibie meninggal dunia dalam usia 83 tahun, di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Rabu (11/9) sekitar pukul 18.05 WIB.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini