Irjen Firli Tes Capim KPK, Mahasiswa Tembak Laser dan Bentangkan Poster SOS

"Kami hanya menonton dan menyampaikan aspirasi, yang kami tahu tidak boleh membuat kegaduhan," kata salah satu mahasiswa

Suara.Com
Reza Gunadha | Stephanus Aranditio
Irjen Firli Tes Capim KPK, Mahasiswa Tembak Laser dan Bentangkan Poster SOS
Kapolda Sumatera Selatan Inspektur Jenderal Firli usai mengikuti tes uji kompetensi capim KPK, Kamis (18/7/2019). (Suara.com/Welly Hidayat)

Suara.com - Proses uji kelayakan dan kepatutan calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi Irjen Firli Bahuri diwarnai aksi protes dari sejumlah mahasiswa, di dalam ruang rapat Ruang Rapat Komisi III, DPR RI, Senayan, Jakarta pada Kamis (12/8/2019) malam.

Pantauan Suara.com, sejumlah mahasiswa itu mengenakan almamater Universitas Indonesia, Universitas Indraprasta PGRI (Unindra), Universitas Trisakti, dan Institut Teknologi Bandung.

Mereka awalnya duduk di balkon ruang rapat bersama para jurnalis yang meliput.Tak lama setelah itu, mereka tiba-tiba berdiri dan membentangkan poster bertuliskan "SOS" (Save Our Souls atau kode umum untuk kondisi bahaya) dan gambar kepala buaya.

Bahkan, salah satu mahasiswa menggunakan laser yang diarahkan ke Ketua Komisi III DPR Aziz Syamsuddin selaku pimpinan rapat.

"Kami hanya menonton dan menyampaikan aspirasi, yang kami tahu tidak boleh membuat kegaduhan," kata salah satu mahasiswa saat diamankan.

Aksi mereka langsung dibubarkan oleh petugas keamanan dalam (Pamdal) dan mengeluarkan mereka dari ruang rapat. 

"Ada aturannya, sudahlah kita tak usah berdebat. Kami hanya menjalankan tugas," kata pamdal.

Irjen Firli Bahuri kekinian menjabat sebagai Kapolda Sumatera Selatan. Sebelumnya, ia sempat menjabat Deputi Penindakan KPK.

Nama Firli menjadi sorotan karena ia diduga melakukan pelanggaran etik saat bekerja untuk KPK.

Untuk diketahui, hari ini kelima capim KPK tengah menjalani uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR RI, Kamis (12/9/2019) hari ini.

Kelima orang tersebut adalah Alexander Marwata, Johanis Tanak, Luthfi Jayadi Kurniawan, Firli Bahuri dan Roby Arya.

Sementara kelima capim lainnya yakni Nawawi Pomolango, Lili Pintauli Siregar, Sigit Danang Joyo, Nurul Ghufron dan I Nyoman Wara sudah menjalani fit and proper test pada Rabu (11/9/2019) kemarin.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini