Sespri Ungkap Kedekatan BJ Habibie dan Xanana Presiden Pertama Timor Leste

Keduanya juga masih kerap berhubungan meski antara Habibie dan Xanana terpisahkan jarak.

Suara.Com
Chandra Iswinarno | Novian Ardiansyah
Sespri Ungkap Kedekatan BJ Habibie dan Xanana Presiden Pertama Timor Leste
BJ Habibie dan Xanana Gusmao - (Twitter/@KatolikG)

Suara.com - Sekretaris Pribadi BJ Habibie, Rubijanto mengungkapkan kedekatan hubungan antara Presiden ke-3 RI tersebut dengan Presiden pertama Timor Leste Xanana Gusmao.

Rubijanto mengatakan kedekatan keduanya berawal ketika Habibie mengambil kebijakan untuk membebaskan tahanan politik yang salah satunya adalah Xanana. Kedekatan itu pun terus terjalin hingga lama sampai Habibie pergi meninggalkan Xanana lebih dahulu pada Selasa (11/9/2019).

"Dari sisi kehangatan Habibie dan Xanana, ketika itu Xanana kan pada masa bapak menjabat sebagai presiden awal, bapak menghendaki seluruh tahanan dikeluarkan termasuk tahanan politik. Pak Xanana salah satu di antaranya. Dengan demikian Xanana sangat terima kasih karena beliau tidak tahu menahu tapi dikeluarkan oleh Pak Habibie. Kita bayangkan betapa terharunya dengan kebijakan dan keputusan Pak Habibie," tutur Rubijanto di Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

Menurut Rubijanto, keduanya juga masih kerap berhubungan meski antara Habibie dan Xanana terpisahkan jarak.

"Sampai sekarang masih, masih," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden pertama Timor Leste Xanana Gusmao sempat menjenguk Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie saat dirawat di rumah sakit.

Kehadiran Xanana Gusmao terlihat dalam sebuah video yang mendadak viral, setelah diunggah ke Twitter oleh akun @KatolikG pada Kamis (12/9/2019). Hubungan yang sangat dekat terlihat dari gestur keduanya ketika bertemu saling menatap mata.

Sama seperti BJ Habibie, raut wajah Xanana Gusmao memperlihatkan perasaan haru. Ia berlutut, memandangi wajah BJ Habibie.

Kemudian dirinya sedikit mengangkat kepala BJ Habibie, yang terbaring di ranjang rumah sakit, lalu mencium keningnya. BJ Habibie lantas mengeluarkan tangannya dari balik selimut, mendekap kepala Xanana Gusmao, dan mendekatkan ke dadanya.

Tangan politikus yang dijuluki 'Bapak Teknologi' itu juga mengusap-usap kepala sang sahabat.

"Xanana Gusmao saat menjenguk BJ Habibie... Penuh haru dan penuh rasa kemanusiaan... Tisu mana tisu..." cuit @KatolikG.

Belum diketahui pasti lokasi dan waktu direkamnya video tersebut, tetapi banyak yang menduga momen mengharukan itu berlangsung ketika BJ Habibie dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto sejak September awal kemarin, sebelum meninggal.

Sebelum video tersebut, foto karangan bunga dari Xanana Gusmao juga telah tersebar di media sosial.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini