CEK FAKTA: Beredar Foto Proses Produksi Mobil Esemka, Ternyata...

"Buka Matamu Lebar lebar prett...Ini Proses Produksi Mobil Esemka..." tulis akun Tuahunse Eriany Ria

Suara.Com
Bangun Santoso
CEK FAKTA: Beredar Foto Proses Produksi Mobil Esemka, Ternyata...
Mobil Esemka. (Suara.com/Ari)

Suara.com - Sebuah foto yang disebut proses pembuatan mobil Esemka muncul di media sosial. Sebuah akun Facebook bernama Tuahunse Eriany Ria pada 7 September 2019 mengunggah 4 buah foto yang disebutnya sebagai proses produksi mobil Esemka.

Dalam unggahannya, akun tersebut menulis "Buka Matamu Lebar lebar prett...Ini Proses Produksi Mobil Esemka..."

Beredar foto disebut proses produksi mobil Esemka. (Capture Facebook / Tuahunse Eriany Ria)
Beredar foto disebut proses produksi mobil Esemka. (Capture Facebook / Tuahunse Eriany Ria)

Unggahan itu menuai sejumlah komentar dari pengguna Facebook lainnya. Beberapa di antaranya juga telah membagikan postingan tersebut.

Lantas benarkan foto-foto yang diunggah itu benar-benar bagian dari proses produksi mobil Esemka?

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id yang diunggah di media kolaborasi Cekfakta.com, postingan sumber berisikan empat foto kegiatan manufaktur pembuatan mobil. Narasi yang menyertai postingan itu menyebutkan bahwa foto-foto itu merupakan proses produksi mobil Esemka.

Melalui penelusuran, diketahui bahwa foto-foto tersebut bukan berasal dari proses kegiatan produksi mobil Esemka.

Foto pertama berasal dari proses perakitan komponen mobil di PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Jakarta pada Senin 9 Mei 2016. Foto tersebut diambil oleh portal online liputan6.com pada rubrik foto berjudul “Industri Otomotif Nasional Siap Saingi Thailand” yang dimuat pada tanggal 9 Mei 2016.

Foto kedua berasal dari kegiatan perakitan mobil Datsun Go+ yang dirakit di Pabrik Nissan, Purwakarta pada 8 Mei 2018. Peristiwa itu diketahui setelah mencocokkan foto tersebut dengan foto yang diambil oleh Bay Ismoyo. Orang dalam foto di sumber postingan sama dengan orang dalam foto Bay Ismoyo yang dapat dilihat di laman Getty Images. Selain kesesuaian orang dalam foto, terlihat juga beberapa ciri mesin yang sama antara kedua foto.

Lalu, foto ketiga berasal dari laman Toyota Global. Foto aslinya merupakan proses perakitan mobil Toyota Prius di Tsutsumi Plant, Jepang. Pada laman Toyota Global foto tersebut diposting pada tanggal 29 Agustus 2016.

Dan, foto keempat berasal dari laman Tempo.co pada tanggal 21 November 2012 dengan judul “Mercedes-Benz Rakit M-Class di Wanaherang.” Pada rubrik foto Tempo.co tersebut terdapat foto-foto kegiatan proses perakitan mobil Mercedez Benz.

Kesimpulan

Berdasarkan hal tersebut, maka klaim bahwa foto-foto itu berasal dari produksi mobil Esemka tidak benar. Dengan demikian, postingan sumber masuk ke dalam kategori False Connection atau Koneksi yang Salah. Klaim antara narasi dengan foto-foto tidak terkait dan tidak benar.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini