Usul Ganti Kertajati Jadi Bandara BJ Habibie, Ridwan Kamil: Setuju?

Habibie memiliki kenangan tersendiri untuk Jabar.

Suara.Com
Reza Gunadha | Husna Rahmayunita
Usul Ganti Kertajati Jadi Bandara BJ Habibie, Ridwan Kamil: Setuju?
Ridwan Kamil usai serah terima jabatan (sertijab) Gubernur Jawa Barat di Gedung Sate, Kamis (6/9/2018). (Suara.com/Rachman)

Suara.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengusulkan untuk mengganti nama Bandara Kertajati menjadi Bandara BJ Habibie.

Hal itu disampaikan Ridwan Kamil melalui Instagram pribadinya @ridwankamil.

Setelah mengunggah kolase foto Bandara Kertajati dan Presiden ke-3 RI BJ Habibie, ia lantas meminta tanggapan dari warganet terkait usulan pergantian nama bandara dalam keterangannya.

"Apakah netizen setuju khususnya yang warga Jawa Barat setuju jika Bandara International Kertajati didedikasikan menjadi Bandara Internasional BJ Habibie?" tanya Ridwa Kamil.

Sontak jawaban tersebut mendapat sambutan dari banyak warganet yang kompak memberikan komentar "Setuju".

Sebelumnya, Ridwan Kamil mengatakan dirinya memiliki ide untuk mencarikan bangunan monumental di Jabar yang identik dengan inovasi dan kecerdasan untuk dinamai Habibie.

Ridwan Kamil berencana mengganti nama Bandara Kertajati. (Instagram/@ridwankamil)
Ridwan Kamil berencana mengganti nama Bandara Kertajati. (Instagram/@ridwankamil)

"Nanti kita cari sesuatu yang relevan dengan beliau (BJ Habibie). Beliau itu 'kan identiknya dengan inovasi, kecerdasan. Mungkin gedung-gedung creative center, daripada namanya creative center saja mungkin kita bisa namai sesuatu atau gedung inovasi atau yang sifatnya monumental kita carikan," ujar Emil.

Baginya, mendiang BJ Habibie merupakan sosok jenius yang memiliki kenangan tersendiri bagi Jabar. Selain pernah menimba ilmu di Bandung, Habibie meninggalkan warisan berharga yakni PT Dirgantara Indonesia dan PT Pindad.

Sementara itu, soal usulan penggantian nama bandara Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan, jika pergantian tersebut disetujui oleh DPRD Jawa Barat, maka Menhub akan merealisasikan usulan tersebut.

"Belum (ada usulan). Sesuai dengan prosedur, nama diusulkan oleh Pemda dan disetujui oleh DPRD. Sejauh itu disetujui kita akan kondisikan," kata Budi Karya di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa (17/9/2019).

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini