Belasan Gajah Liar Masuk Kampung, Warga Lampung Barat Geger

Kawanan gajah masuk saat malam hari, warga berusaha mengusir menggunakan alat seadanya seperti kentongan dan mercon

Suara.Com
Bangun Santoso
Belasan Gajah Liar Masuk Kampung, Warga Lampung Barat Geger
Ilustrasi: kawanan ajah liar di area perkebunan warga di kawasan Indragiri Hulu akan digiring ke Balai Taman Nasional Tessa Nilo di Riau. [Antara]

Suara.com - Warga di Desa Pekon Roworejo dan Pekon Sidoarjo, Kecamatan Suoh, Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung geger. Kehebohan warga usai belasan gajah liar masuk ke perkampungan.

Dari informasi, awalnya kawanan gajah itu masuk wilayah Kota Tanggamus. Namun saat ini sudah turun ke wilayah Suoh, Lampung Barat.

Anggota DPRD Lampung Barat, Winarsih mengatakan, gajah liar itu masuk ke wilayah Suoh saat malam hari. Sebelumnya, gajah-gajah itu masuk ke Kota Agung, Tanggamus.

"Sampai saat ini gajah-gajah itu selalu datang ke wilayah ini. Belum satu tahun sudah datang kembali. Ini sangat meresahkan warga. Kedatangan gajah itu gerombolan hingga mencapai 12 ekor. Hal ini membuat warga ketakutan, karena sudah masuk ke perkebunan dan mendekati pemukiman warga," kata Winarsih, dilansir Saibumi.com (jaringan Suara.com), Sabtu (21/9/2019).

Menurut dia, warga sudah menghubungi tim dari WWF. Warga juga berjaga-jaga sembari berupaya menghalau kawanan gajah menggunakan alat seadanya, seperti kentongan dan mercon, agar tidak masuk ke pemukiman penduduk.

"Saya sampaikan kepada masyarakat agar waspada dan berhati-hati, karena gajah itu datangnya tiba-tiba, apalagi pada malam hari. Kita berharap, gajah-gajah itu bisa menjauh dari pemukiman dan masuk kembali ke Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS)," kata Winarsih.

Camat Suoh, Novi Andri, membenarkan ada 12 ekor gajah setelah turun langsung ke lokasi.

"Saya imbau kepada warga agar waspada dan hati-hati. Masyarakat yang berada disekitar Roworejo supaya meronda, sebagai salah satu alternatif untuk menjaga keamanan, sehingga gajah-gajah itu tidak masuk ke pemukiman," kata dia.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini