Jabatan Mendikbud Tinggal Beberapa Hari Lagi, Muhadjir Malas Pidato

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy membuka Lokakarya Guru Milenial dengan tema "Sebuah Profesi di Masa Depan".

Suara.Com
Iwan Supriyatna | Ummi Hadyah Saleh
Jabatan Mendikbud Tinggal Beberapa Hari Lagi, Muhadjir Malas Pidato
Mendikbud, Muhadjir Effendy tinjau peserta UNBK 2018 di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 29 Penerbangan, Jalan Profesor Joko Sutono, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (2/4/2018) pagi. [Suara.com/Welly Hidayat]

Suara.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy membuka Lokakarya Guru Milenial dengan tema "Sebuah Profesi di Masa Depan" di Graha Utama, Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Kamis (10/10/2019).

Lokakarya tersebut dalam rangka memperingati Hari Guru Internasional.

Dalam acara tersebut, Muhadjir mengaku tak ingin berpidato, dirinya hanya ingin mendengar suara para peserta lokakarya yang terdiri guru dan mahasiswa.

Sebab kata Muhadjir, masa jabatan dirinya menjadi Mendikbud akan segera berakhir.

"Saya tidak pidato, saya malah ingin dengar dari bapak ibu suaranya. Karena kan saya tinggal menghitung hari ini, final countdown," ujar Muhadjir.

Pernyataan Muhadjir menyusul masa jabatan kabinet kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan segera berakhir.

Adapun pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo-Ma'ruf Amin akan digelar pada 20 Oktober 2019.

Tak hanya itu, Muhadjir juga menyinggung visi Presiden Jokowi dalam membangun SDM yang maju pada periode kedua.

Kepada Jokowi, Muhadjir mengatakan bahwa yang perlu diprioritaskan di bidang pendidikan yakni guru.

"Kalau Pak Jokowi mencanangkan pembangunan SDM, saya ditanya (kalau) di (bidang) pendidkan apa yang harus diprioritaskan, saya jawab guru. Karena guru kuncinya," tutur dia.

Lebih lanjut, mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu menyebut di akhir masa jabatannya, dirinya akan fokus memperbaiki profesi guru. Namun ia berharap hal tersebut bisa diteruskan oleh menteri selanjutnya.

"Karena ini akhir masa jabatan saya, saya fokus ke guru. Tapi belum selesai. Mudah-mudahan apa yang saya lakukan nanti bisa diteruskan," tandasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini