Anies Bakal Bangun Kampung Akuarium, Gerindra: Itu Penuhi Janji Kampanye

"Kita bantu meyakinkan dan berikan pemahaman. Insya Allah setuju lah."

Suara.Com
Dwi Bowo Raharjo | Fakhri Fuadi Muflih
Anies Bakal Bangun Kampung Akuarium, Gerindra: Itu Penuhi Janji Kampanye
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta membangun satu unit tenda pengungsian di Kampung Akuarium, Kelurahan Penjaringan, Penjaringan, Jakarta, Jumat (5/1).

Suara.com - Fraksi PDI Perjuangan di DPRD Jakarta menyatakan menolak rencana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk membangun kembali Kampung Akuarium, Jakarta Utara. Kampung tersebut sebelumnya digusur Pemprov DKI era kepemimpinan Gubernur sebelumnya Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Terkait itu, Fraksi Partai Gerindra akan coba meyakinkan politikus PDI Perjuangan di DPRD.

Wakil Ketua DPRD Jakarta nondefinitif dari fraksi Gerindra, Syarief mengatakan rencana Anies membangun rumah lapis dan kawasan wisata seharusnya didukung semua pihak. Terlebih lagi program tersebut sudah masuk di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) DKI.

"Rencana itu bagus. Memenuhi janji kampanye dan itu sudah masuk di RPJMD," ujar Syarief saat dihubungi, Kamis (10/10/2019).

Syarief menyebut kebijakan membangun kembali Kampung Akuarium merupakan janji Anies saat kampanye di Pilkada Jakarta 2017 lalu. Menurutnya kewajiban Anies selaku Kepala Daerah adalah memenuhi janji-janji kampanyenya.

"Seberapa jauh dia memenuhi janji kampanye yang tertuang. Karena sebagai tolak ukur keberhasilan kepala daerah," jelasnya.

Selain PDI-P, Syarief menyebut pihaknya juga akan meyakinkan fraksi lain yang tidak setuju dengan rencana Anies. Menurutnya hal itu sudah menjadi kewajiban Gerindra selaku pengusung Anies sebagai Gubernur.

"Kita bantu meyakinkan dan berikan pemahaman. Insya Allah setuju lah," pungkasnya.

Sebelumnya, anggaran untuk pembanguan Kampung Akuarium sudah masuk di Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah tahun 2020. Namun PDI-P menyatakan akan menolaknya.

Ketua Fraksi PDI-P di DPRD Jakarta, Gembong Warsono mengatakan tidak akan menyetujuinya jika ada pembahasan di DPRD. Menurutnya rencana Anies ingin membangun rumah lapis dan kawasan wisata tidak sesuai dengan peruntukkan sebenarnya.

"Pasti tidak akan menyetujui. Yang kita setujui adalah gimana Pemrov akan mengembalikan lahan yang ada di kampung aquarium pada fungsinya," ujar Gembong saat dihubungi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini