Kepala BIN: Teror JAD Sudah Terdeteksi Jelang Pelantikan Presiden

"Kami sudah deteksi menjelang pelantikan memang ada rencana-rencana seperti itu dari JAD sehingga harus kita dengar dan waspada."

Suara.Com
Agung Sandy Lesmana | Novian Ardiansyah
Kepala BIN: Teror JAD Sudah Terdeteksi Jelang Pelantikan Presiden
Wiranto ditusuk.

Suara.com - Kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) disebut-sebut berada di balik terkait penusukan yang dilakukan Syaril Alamsyah alias Abu Rara terhadap Menkopolhukam Wiranto di Pandeglang, Banten, siang tadi.

Kepala BIN Budi Gunawan mengklaim rencana penyerangan dari kelompok JAD memang sudah terdeteksi, namun serangan terhadap Wiranto tidak termasuk.

Ia berujar Kelompok JAD terdeteksi bakal melakukan penyerangan jelang pelantikan presiden dan wakil presiden pada Minggu (20/10/2019).

"Kami sudah deteksi menjelang pelantikan memang ada rencana-rencana seperti itu dari JAD sehingga harus kita dengar dan waspada,” kata Budi di RSPAD, Jakarta, Kamis (10/10/2019).

Sebelumnya, Budi mengatakan Abu Rara yang menjadi tersangka penusukan terhadap Wiranto sudah beberapa kali masuk dalam radar lembaga intelejen. Abu Rara diketahui merupakan kelompok JAD.

Budi berujar pantauan terhadap Abu Rara sudah terjadi sejak ia mulai mengumpulkan senjata tajam.

“Abu rara sudah kita pantau bebrapa kali mulai mengumpulkan pisau. Belum pada tahapan bom tapi pola-pola seperti itu bisa juga dengan pisau senjata,” kata Budi di RSPAD.

Untuk diketahui, Wiranto ditusuk saat hendak pulang ke Jakarta seusai menghadiri acara peresmian Gedung Kuliah Bersama di Universitas Mathla’ul Anwar yang beralamat di Kampung Cikaliung, Desa Sindanghayu, Kecamatan Saketi. Akibat aksi penyerangan itu, Wiranto disebut mengalami dua luka tusukan di bagian perut sebelah kiri.

Kini, Wiranto sudah dirujuk ke RSUD Gatot Subroto, Jakarta seusai sempat dirawat di RSUD Berkah, Pandeglang.

Dalam kasus penusukan ini, polisi telah meringkus Abu Rara dan istrinya Fitria Adriana. Kini, pasutri yang sudah ditetapkan sebagai tersangka masih menjalani pemeriksaan oleh aparat kepolisian.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini