Alasan Keamanan, Pemprov DKI Bikin Jalur Sepeda di Trotoar Sudirman

Ia menganggap hal ini dilakukan demi keselamatan pesepeda.

Suara.Com
Agung Sandy Lesmana | Fakhri Fuadi Muflih
Alasan Keamanan, Pemprov DKI Bikin Jalur Sepeda di Trotoar Sudirman
Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo saat uji coba tahap dua jalur sepeda. (Suara.com/Fakhri).

Suara.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah melakukan uji coba fase dua pembuatan jalur sepeda. Nantinya, jalur untuk kendaraan yang dikayuh ini akan melewati trotoar.

Pantauan Suara.com, saat uji coba jalur, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bersama rombongan melewati trotoar di kawasan Jalan Sudirman, Jakarta Pusat. Mereka bersepeda melintasi trotoar yang cukup lebar dan terdapat stasiun MRT dan halte bus.

Namun menurut Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, trotoar Sudirman tersebut ternyata merupakan rencana salah satu jalur sepeda saat diresmikan nantinya.

Ia menganggap hal ini dilakukan demi keselamatan pesepeda.

"Memang akan lewat trotoar, tujuanya, kami ingin memberi keselematan keamanan dan kenyamanan bagi penggunan sepeda ini Sehingga dalam melakukan aktifitas," ujar Syafrin di terowongan Kendal, Jakarta Pusat, Sabtu (12/10/2019).

Meskipun jalurnya dibuat di trotoar, Syafrin menyebut akan memisahkan antara pejalan kaki dengan pesepeda. Pihaknya akan membuar marka atau pembatas untuk membedakan jalurnya.

"Kami tetapkan marka pembatasnya, justru kita pisahkan otomatis, kita lakukan sosialiasi," jelasnya.

Anies mengatakan penggunaan trotoar sebagai jalur sepeda karena fasilitas transportasi juga harus bisa digunakan bersama-sama. Ia menganggap trotoar berbeda dengan jalur bus Transjakarta yang harus steril.

"Sisanya adalah gunakan bersama-sama baik dengan pejalan kaki maupun kendaraan bermotor. Sambil kita mendorong lebih banyak yang menggunakan," pungkasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini